Pemerintah Kucurkan Rp385 Juta untuk Kelompok Tani Aceh Barat

    Antara - 23 Juni 2021 08:33 WIB
    Pemerintah Kucurkan Rp385 Juta untuk Kelompok Tani Aceh Barat
    Ilustrasi. FOTO: MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE



    Meulaboh: Sebanyak 105 orang kaum perempuan yang terbagi dalam tujuh kelompok tani di tujuh kecamatan di Kabupaten Aceh Barat, mendapatkan bantuan modal usaha guna meningkatkan ketahanan pangan di sektor palawija. Bantuan tersebut diharapkan bisa memaksimalkan pertumbuhan sektor pertanian.

    'Tujuan pemberian bantuan keuangan ini untuk meningkatkan pendapatan masyarakat guna meningkatkan ketahanan pangan terhadap kelompok tani di tengah kondisi pandemi covid-19," kata Plt Kepala Dinas Pangan Kabupaten Aceh Barat Azim, di Meulaboh, dilansir dari Antara, Rabu, 23 Juni 2021.

     



    Ia merincikan, bantuan sebesar Rp385 juta tersebut akan dibagi kepada tujuh kelompok tani yang tersebar di tujuh kecamatan di Aceh Barat, dengan jumlah bantuan masing-masing sebesar Rp55 juta per kelompok. Ia menjelaskan, bantuan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021.

    "Program ini harus bisa memberikan manfaat dan syafaat bagi masyarakat, dan tidak boleh diselewengkan atau tidak digunakan sesuai peruntukan,” katanya.

    Dirinya menekankan penerima dana bantuan dari pemerintah ini adalah para anggota kelompok tani yang memiliki pekarangan untuk ditanami tanaman palawija. Adapun sasaran kelompok penerima bantuan tersebut masing-masing Kelompok Wanita Bungong Jeumpa Desa Lapang Kecamatan Johan Pahlawan.

    Lalu Kelompok Wanita Mawar Merah Desa Teladan Kecamatan Kaway XVI, Kelompok Wanita Bungong Ban Timoh Desa Pasi Janeng Kecamatan Woyla Timur. Kemudian Kelompok Tani Kajeung Kecamatan Sungai Mas, Kelompok Wanita Harapan Jaya Desa Lek Lek Kecamatan Panton Reue, Kelompok Desa Meulue Cut Desa Liceh Kecamatan Bubon.

    Kemudian ada Kelompok Wanita Bungong Ban Keumang Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat. Azim berharap masing-masing kelompok tani yang mendapat bantuan tersebut, nantinya agar dapat mempergunakan dana bantuan dari pemerintah dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani dalam meningkatkan perekonomian keluarga.
     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id