Jurus Pemerintah Sambung Listrik Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara

    Suci Sedya Utami - 07 Juli 2021 21:40 WIB
    Jurus Pemerintah Sambung Listrik Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara
    Ilustrasi. Foto: AFP



    Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mewacanakan konsep super grid nusantara untuk menghubungkan jaringan listrik antar pulau di Tanah Air.

    "Super grid ini akan menghubungkan jaringan listrik antarpulau besar serta Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara," ujar Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial dalam webinar PJCI, Rabu, 7 Juli 2021.

     



    Ego menjelaskan, super grid nusantara juga merupakan solusi potensial untuk meningkatkan pengembangan energi baru terbarukan (EBT) dengan tetap menjaga sistem kelistrikan yang stabil dan aman.

    "Dengan adanya super grid memungkinkan setiap wilayah untuk mengimpor dan mengekspor pasokan listrik di saat adanya krisis kekurangan atau kelebihan energi berbasis EBT," tutur Ego.

    Ia bilang untuk meningkatkan investasi EBT, pemerintah juga telah memberikan insentif fiskal dan non-fiskal seperti tax allowance, fasilitasi bea masuk, serta tax holiday. Menurut Ego, pihaknya juga terus berusaha untuk dapat memberikan bentuk-bentuk insentif dan instrumen keuangan baru dalam meningkatkan minat para investor.

    Lebih jauh, untuk mencapai target-target dalam pembangunan EBT, tentunya membutuhkan regulasi yang dapat memberikan kepastian dan keamanan berusaha. Oleh karena itu pemerintah telah membuat Rancangan Peraturan Presiden terkait harga pembelian tenaga listrik EBT dan perbaikan peraturan Menteri ESDM terkait PLTS Atap, serta terus mendorong penyelesaian RUU EBT.

    "Saya mengajak semua pihak untuk ikut berpartisipasi dengan berbagai aktivitas sesuai bidangnya untuk bersama-sama mendorong keberhasilan transisi energi dan pengembangan smart grid di Indonesia sehingga dapat memajukan sektor energi yang berkeadilan demi kesejahteraan masyarakat," jelas dia.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id