comscore

Pengusaha Swiss Minat Investasi di Sektor Pariwisata hingga Ibu Kota Baru

Annisa ayu artanti - 26 Mei 2022 10:01 WIB
Pengusaha Swiss Minat Investasi di Sektor Pariwisata hingga Ibu Kota Baru
Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi. Foto : MI.
Davos: Pemerintah membuka peluang transfer skill dan teknologi dengan pengusaha dan investor dari Swiss di sela acara World Economic Forum (WEF) 2022.

Menteri Perdagangan M Lutfi mengatakan sejumlah pengusaha dan investor Swiss menyatakan ketertarikan untuk menanamkan modalnya di Indonesia, khususnya di sektor pariwisata, kelautan, dan investasi di Ibu kota baru Nusantara.
"Apapun sektornya, Indonesia terbuka. Yang terpenting bagi kami di Indonesia adalah alih kemampuan dan teknologi kepada masyarakat kami karena itulah kunci utama bagi negara berkembang untuk menjadi negara maju," kata Lutfi dalam keterangan tertulis, Kamis, 26 Mei 2022.

Adapun, pertemuan yang juga didampingi oleh Menteri Investasi Bahlil Lahadalia kemudian dilanjutkan dengan penandatangananan Nota Kesepahaman (MoU) serta Surat Minat (LoI) antara Indonesia-Swiss untuk meningkatkan hubungan dagang dan penanaman modal secara cepat dan signifikan.

Sebelumnya Bahlil, juga telah menandatangani Perjanjian Peningkatan dan Perlindungan Penanaman Modal (P4M) atau Perjanjian Investasi Bilateral (BIT) dengan Pemerintah Swiss yang diwakili oleh Federal Councillor Guy Parmelin.

Perjanjian ini berhasil disepakati setelah menyelesaikan tujuh kali putaran perundingan yang dimulai sejak 2018 lalu. Perjanjian ini dibuat dalam rangka kerja sama ekonomi khususnya investasi kedua negara dengan memberikan perlindungan hukum dan kepastian berusaha baik bagi investor Swiss di Indonesia maupun sebaliknya.

Bahlil berharap, dengan adanya perjanjian ini, maka dapat menarik lebih banyak investasi dari Swiss ke sektor-sektor potensial dan prioritas di Indonesia. Selain itu, para pengusaha di Indonesia juga memiliki peluang untuk berinvestasi di Swiss.

"Kami harap, kerja sama ini dapat berdampak pada peningkatan daya saing Indonesia dalam menarik investasi dari Swiss, serta membuka peluang pelaku usaha nasional untuk berinvestasi di Swiss," kata Bahlil.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id