comscore

Merah Putih Fund ala Erick Thohir Dinilai Bangun Ekosistem Ekonomi Digital RI

Al Abrar - 23 Desember 2021 17:15 WIB
Merah Putih Fund ala Erick Thohir Dinilai Bangun Ekosistem Ekonomi Digital RI
Menteri BUMN Erick Thohir/Medcom.id
Jakarta: Menteri BUMN Erick Thohir mengambil langkah strategis untuk mendongkrak ekosistem ekonomi digital di Indonesia. Salah satunya dengan meluncurkan Merah Putih Fund yang disiapkan sebagai lembaga pendanaan untuk mendukung pembiayaan bagi startup di Indonesia.

Menanggapi itu, Ketua Komisi VI DPR, Faisol Reza menilai, kehadiran Merah Putih Fund sebagai respons dari upaya pemerintah menyambut era disrupsi digital. Sehingga, kata Faisol, dapat mempercepat Indonesia dari ketertinggalan di dalam dunia teknologi.
“Merah Putih Fund menjadi jalan tercepat digital Indonesia untuk tidak ketinggalan di dunia teknologi,” kata Faisol, Kamis, 23 Desember 2021. 

Sementara itu, pengamat ekonomi digital dan juga Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi menyampaikan program yang digagas Erick Thohir tersebut sudah tepat sebagai langkah awal dalam proses mewujudkan ekosistem ekonomi digital di Indonesia.

“Saya pikir ini langkah awal yang bagus, membuka pintu proses perjalanan untuk mewujudkan itu juga yang perlu kita lihat sama-sama bagaimana strateginya kemudian juga implementasinya seperti apa,” ujar Heru.

Baca: Merah Putih Fund Membentuk Ekosistem Baru

Menurut Heru, dalam menghadapi gelombang digitalisasi yang terus berkembang serta tantangan dunia baru yang menanti di depan, pemerintah harus bersiap mulai dari sekarang untuk menjawab perubahan-perubahan teknologi digital yang turut memengaruhi kehidupan nyata masyarakat, sehingga kehadiran Merah Putih Fund tersebut diharapkan mampu membangun ekosistem digital di Indonesia. 

“Iya betul, ya rencananya emang begitu membangun ekosistem digital,” ucap Heru.

Heru menyebutkan, Merah Putih Fund didorong agar Indonesia mempunyai ekosistem ekonomi digital sendiri melalui program pendanaan dan diharapkan adanya akselerasi startup lokal yang potensial menjadi unicorn. Tinggal bagaimana pemerintah dalam hal ini Erick Thohir menyiapkan strategi yang pas, serta target yang harus dicapai ke depannya.

Selain itu, Heru menyarankan agar pendanaan dari Merah Putih Fund bagi starup juga harus dipilih, sebab tidak semua startup mendapat pembiayaan terkecuali sudah jelas memiliki prospek yang cukup bagus.

“Menurut saya jelas bahwa tidak semua starup bisa diinkubasi tetapi startup yang ada langkah-langkahnya baru tumbuh dapat juga berapa, kemudian juga sudah besar seperti apa, dan juga misalkan disinergikan dengan BUMN terutama ya alokasi dari funding harus cukup,” jelasnya.

Namun, Heru menyarankan bagi BUMN yang memberikan suntikan dana harus dalam kondisi sehat, jangan sampaikan karena memberikan pendanaan kepada startup malah menjadi mengalami kerugian.

“Juga jangan sampai misalnya perusahaan-perusahaan BUMN menelan kerugian karena funding startup boleh dibilang BUMN yang sehat, BUMN yang arahnya sudah ke depan dan dana yang dialokasikan oleh BUMN dapat dipertanggungjawabkan secara jelas,” ungkapnya.

(ALB)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id