comscore

Wah! Indonesia Ditawari Harga Murah untuk Listrik Nuklir

Insi Nantika Jelita - 17 Januari 2022 15:42 WIB
Wah! Indonesia Ditawari Harga Murah untuk Listrik Nuklir
Ilustrasi pembangkit listrik tenaga nuklir - - Foto: dok AFP
Jakarta: Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Dadan Kusdiana mengaku mendapat banyak tawaran soal harga listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

Meski PLTN ditargetkan berdiri sekitar 20 tahun lagi di Indonesia, beberapa perusahaan diketahui sudah menyodorkan kajian riset ke Kementerian ESDM.

"Ada pihak yang menyampaikan ke kami bahwa listriknya ini cukup menarik ya dari sisi harga. Misalkan di angka USD9-USD10 cent per kilowatt hour (kWh). Ada juga yang menyampaikan di angka USD7 cent per kWh," ungkap Dadan dalam konferensi pers virtual, Senin, 17 Januari 2022.

Tarif tersebut diketahui lebih murah dari harga pemakaian listrik lewat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang diperkirakan mencapai USD8,5-USD10,15 cent per kWh.

"Jadi sudah ada sampaian kajian itu ke pemerintah. Dari sisi harga sudah mulai cukup menarik," jelas Dadan.

Nilai investasi PLTN sendiri akan tergantung dari kapasitas yang akan dibangun. Dadan mengatakan, hal itu tergantung dari kelas pembangkitnya, lalu dari jenis teknologi yang digunakan.

"Target untuk PLTN komersial yang dibangun sesuai RPJM (Rencana Pembangunan Jangka Menengah) adalah membangun kerja sama internasional terkait studi pengembangan PLTN," tambah dia.

Dirjen EBTKE menyatakan keputusan Menteri ESDM untuk pembentukan tim terkait sudah diterbitkan dengan persiapan penyusunan kelembagaan dari pengembangan pembangkit listrik tenaga nuklir.


"Kalau untuk PLTN dari sisi kajian atau studi memang lebih banyak leading sector ada di Batan (Badan Tenaga Nuklir Nasional). ESDM juga terlibat khususnya dalam litbang," pungkasnya.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id