Gojek-Pemerintah Kolaborasi Dorong Percepatan Digitalisasi UMKM

    Annisa ayu artanti - 19 Oktober 2020 13:34 WIB
    Gojek-Pemerintah Kolaborasi Dorong Percepatan Digitalisasi UMKM
    Gojek mendorong percepatan digitalisasi UMKM. Foto: Dok.MI
    Jakarta: Perusahaan teknologi Gojek mendorong percepatan digitalisasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan memberikan dukungan pada program stimulan talent Kementerian Komunikasi.

    Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Gojek Shinto Nugroho mengatakan, sebagai startup Tanah Air pihaknya akan selalu mendukung kewirausahaan di ekonomi digital. Apalagi, digitalisasi UMKM telah terbukti menjadi jawaban untuk akselerasi gerak roda perekonomian.

    "Sebagai anak bangsa, kami punya semangat gotong royong dengan berbagai pihak termasuk Kemkominfo supaya semakin banyak UMKM yang bisa menikmati manfaat positif go-digital," kata Shinto dalam keterangan resmi yang dikutip Medcom.id, Senin, 19 Oktober 2020.

    Ia menjelaskan, dalam kolaborasi dengan pemerintah pihaknya tidak hanya memberikan UMKM ilmu yang dibutuhkan untuk sukses di dunia digital, tetapi juga kemudahan menjadi bagian dari ekosistem Gojek.

    Dalam riset terbaru Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia menyatakan bahwa solusi teknologi dan non-teknologi yang ditawarkan platform digital Gojek membantu jutaan UMKM beradaptasi sehingga bisa bertahan di situasi pandemi covid-19.

    Adapun, program pelatihan dari Gojek akan mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia ini akan menyasar lebih dari 2.000 UMKM pemula. Gojek akan memberikan dua pelatihan khusus. Pertama, mengenai kewirausahaan secara umum dan cara memanfaatkan platform digital termasuk pengenalan aplikasi keyboard ajaib - Selly.

    Kemudian, pelatihan kedua akan lebih berfokus pada UMKM di bidang kuliner yang akan membahas mengenai digital marketing, cara mendaftar aplikasi merchant GoBiz dan penerapan protokol kesehatan untuk usaha kuliner.

    Sementara itu, Kepala Badan Litbang SDM Kominfo RI, Basuki Yusuf Iskandar, menyampaikan pemerintah mengapresiasi Gojek yang menjadi mitra Kominfo dalam memberikan pelatihan kewirausahaan bagi lebih dari 2.000 pelaku UMKM.

    Menurutnya, masa pandemi ini memberikan tantangan, tetapi juga peluang untuk bertransformasi ke dalam ekosistem digital dan melakukan ekspansi pasar.

    "Berbagai materi dalam pelatihan Gojek seperti kewirausahaan, cara menggunakan aset digital hingga edukasi protokol kebersihan untuk usaha kuliner menjadi jawaban atas kebutuhan pelaku UMKM untuk dapat beradaptasi di ekosistem digital. Hal ini juga sejalan dengan prioritas pemerintah, khususnya Kemkominfo, dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital Indonesia," pungkasnya.  
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id