Efisiensi PGN Group Terdongkrak Inovasi Digital

    Suci Sedya Utami - 21 Januari 2021 12:25 WIB
    Efisiensi PGN Group Terdongkrak Inovasi Digital
    Ilustrasi PT Perusahaan Gas Negara Tbk - - Foto: Medcom/ Annisa Ayu
    Jakarta: PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus mengembangkan inovasi melalui penerapan digitalisasi dalam menjalankan operasional pemanfaatan gas bumi. Penerapan teknologi digital PGN ini dilakukan secara terintegrasi dengan seluruh anak usaha demi meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja operasional.

    Direktur Komersial PGN Faris Aziz menjelaskan integrasi atau share service penting untuk monitoring pengelolaan gas bumi di sepanjang rantai nilai gas bumi di seluruh anak usaha subholding gas.

    Dengan kemampuan monitoring pengelolaan gas bumi, maka akan mempercepat pengambilan keputusan dan pengembangan di seluruh mata rantai bisnis gas bumi. Monitoring dilakukan dalam dua sistem yaitu sistem informasi terintegrasi dan dashboard gas nasional.

    "Setelah melalui proses analisa, skema share service sebagai bentuk sistem informasi penyaluran gas PGN yang terintegrasi bernama SIPGAS dan dikendalikan di level Gas Management atau Pipeline Management. Share service SIPGAS bertujuan untuk mengoptimalkan aset yang dimiliki, efisiensi biaya operasi dan maintenance yang ada di anak perusahaan PGN," kata Faris dalam keterangan resmi, Kamis, 21 Januari 2021.

    Integrasi dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai aspek  keandalan, validitas, kesesuaian dengan SOP, efektivitas biaya dan waktu, akurasi, konsistensi, koneksi, hingga personil yang akan menggunakan tools shared service. Dari aspek-aspek yang dipertimbangkan, menghasilkan sistem-sistem operasional seperti field instruments, operation controller, telecommunication, SCADA, dan database collecting.

    "Lingkup share service integrasi data SIPGAS ada tiga, yaitu pre gas delivery, gas delivery, dan post gas delivery,"  imbuh Faris.

    Pre gas delivery mencakup informasi data terkait kegiatan dan konfirmasi yang dilakukan melalui tools SIPGAS, contohnya perencanaan penyaluran gas. Gas delivery mencakup informasi data real time dari titik serah dan terima kemudian dikirimkan ke dalam SIPGAS secara otomatis, contohnya operasi penyaluran gas dan pengelolaan gangguan. Terakhir, post gas delivery mencakup informasi pelaporan dan validasi data yang dilakukan oleh Pertagas melalui perangkat yang tersedia dalam SIPGAS..

    Dashboard nasional PGN dan anak usaha mencakup seluruh operasi bisnis subholding gas dari upstream hingga downstream. Anak usaha yang terintegrasi dengan SIPGAS yakni PGN LNG, PT Nusantara Regas, PT Transportasi Gas Indonesia (TGI), PT Pertamina Gas, PT Pertamina Gas Niaga, dan PT Kalimantan Jawa Gas (KJG). Kemudian pendistribusian gas sampai ke pelanggan dikelola dan Gas Distribution Management Regional (GDMR) I, I, III PGN dan PT Gagas Energi Indonesia selaku anak usaha yang menyediakan produk gas bumi tanpa infrastruktur pipa yaitu Gaslink.

    Setelah itu akan dilanjutkan ke proses tersedianya dashboard nasional. Proses ini memiliki banyak benefit yaitu penyampaian data yang lebih cepat dan akurat, memudahkan analisis dan pengambilan keputusan oleh manajemen baik terkait operasional dan pengembangan untuk mencapai visi misi perusahaan, identifikasi kendala operasional di anak perusahaan sebagai fungsi pembinaan subholding gas, serta analisis strategis pengelolaan gas nasional melalui anak usaha.

    "Dengan adanya dashboard nasional, menunjukkan kepada stakeholder bahwa PGN memiliki pusat data atau big data terkait seluruh proses dan kegiatan mata rantai bisnis gas bumi nasional dan hal ini penting dalam menghadapi era disrupsi saat ini. Dashboard ini mampu memberikan informasi-informasi dan solusi yang transparan antara holding dengan anak usaha. Hal ini memudahkan untuk dikomunikasikan secara efektif dan realtime karena melalui satu server yang terintegrasi," tutup Faris.

    Lebih lanjut, PGN terus mengembangkan inovasi berbasis teknologi digital dalam menjalankan bisnis gas bumi. Aspek penguasaan teknologi menjadi salah satu pondasi utama untuk keberhasilan pemanfaatan gas bumi. Kini PGN telah mengelola 96 persen infrastruktur gas bumi dan melayani lebih dari 422 ribu pelanggan di sektor industri komersial, rumah tangga, UMKM, pembangkit listrik, dan transportasi (SPBG). Target realisasi peningkatan jumlah pelanggan dan berkembangnya infrastruktur gas bumi di masa depan, akan optimal dengan dukungan penguasaan teknologi yang andal di lingkup subholding gas. 

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id