Pemerintah Siapkan 271,3 Juta Dosis Vaksin di Kuartal Keempat

    Suci Sedya Utami - 12 Oktober 2020 16:13 WIB
    Pemerintah Siapkan 271,3 Juta Dosis Vaksin di Kuartal Keempat
    Ilustrasi vaksin covid-19. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah akan memulai untuk melakukan program vaksinasi covid-19 pada November 2020. Untuk itu, pemerintah menyiapkan 271,3 juta dosis vaksin.

    Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan vaksin tersebut berasal dari tiga perusahaan yaitu Cansino, G42/Sinopharm, dan Sinovac. Ketiganya sudah masuk tahap akhir uji klinis tahap ketiga dan dalam proses mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) di sejumlah negara. Selain itu juga dari Astrazeneca yang juga dalam masa perundingan.

    "Terkait dengan arahan pengadaan vaksin sampai dengan kuartal keempat 271,3 juta," kata Airlangga, di Jakarta, Senin, 12 Oktober 2020.

    Ia mengatakan pemerintah juga telah mempersiapkan penerima prioritas yang akan dilakukan penyuntikan vaksin di tahap pertama. Ia bilang di garda terdepan ada tenaga medis atau pelayan kesehatan termasuk TNI, Polri dan aparat hukum yang jumlahnya sekitar 3,5 juta.

    Kemudian tokoh masyarakat, tokoh agama dan perangkat daerah sekitar lima juta orang. Lalu tenaga pendidik mulai dari tingkat paud hingga perguruan tinggi yang diperkirakan mencapai 4,3 juta orang.

    Selain itu aparat pemerintah pusat, pemerintah daerah, legislatif sebesar 2,3 juta orang. Serta penerima bantuan pembayaran iuran BPJS Kesehatan sekitar 86 juta orang, ditambah dengan masyarakat yang berusia 19-59 tahun berjumlah 57 juta orang. Sementara sisanya akan melakukan vaksin mandiri.

    "Totalnya ada 160 juta, tapi berdasarkan vaksin yang ada perlu dual dose yakni 320 juta. Memang enggak semuanya sekaligus, jadi bertahap," jelas Airlangga.
     

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id