Lebih dari 373 Ribu Penerima Kartu Prakerja Dicabut Kepesertaannya

    Eko Nordiansyah - 29 Oktober 2020 13:59 WIB
    Lebih dari 373 Ribu Penerima Kartu Prakerja Dicabut Kepesertaannya
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja telah mencabut status kepesertaan lebih dari 373 ribu penerima program kartu prakerja. Mereka merupakan para peserta kartu prakerja yang diterima pada gelombang I sampai gelombang IX.

    "Dari gelombang I sampai XI kami telah mencabut 373.745 kepesertaan," kata Head of Communications PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu kepada Medcom.id, Kamis, 29 Oktober 2020.

    Ia menambahkan para peserta ini dicabut statusnya karena tidak melakukan pembelian pelatihan setelah dinyatakan diterima. Sesuai ketentuan yang ada, peserta memiliki waktu sampai dengan 30 hari untuk membeli pelatihan pertamanya.

    "Karena tidak membeli pelatihan pertama dalam kurun waktu 30 hari sejak dinyatakan lolos sebagai peserta program Kartu Prakerja, status kepesertaannya dicabut," ungkap dia.

    Sementara untuk peserta kartu prakerja gelombang X masih memiliki waktu dua hari lagi untuk membeli pelatihan pertamanya. Pasalnya, pembelian pelatihan pertama mereka akan jatuh tempo pada 31 Oktober 2020 pukul 23.59 WIB.

    Hingga gelombang X lalu, sudah ada 5,59 juta peserta yang telah diterima dalam program kartu prakerja atau memenuhi kuota peserta yang ditetapkan pemerintah. Secara keseluruhan, ada 36,6 juta orang yang melakukan registrasi melalui situs resmi kartu prakerja.

    Adapun sampai 14 Oktober lalu, insentif yang telah disalurkan mencapai Rp3,97 triliun untuk 4,55 juta peserta. Kemudian ada 5,19 juta peserta yang telah membeli pelatihan, serta 4,77 juta diantaranya telah menyelesaikan minimal satu pelatihan.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id