Cara SWF Indonesia Gaet Investor Asing

    Suci Sedya Utami - 04 Maret 2021 21:40 WIB
    Cara SWF Indonesia Gaet Investor Asing
    Ilustrasi masuknya investasi asing ke Lembaga Pengelola Investasi (LPI) - - Foto: dok MI



    Jakarta: Indonesia Investment Authority (INA) sebagai Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia menargetkan investasi asing segera masuk ke dalam negeri. Apalagi Indonesia memiliki modal sebagai negara dengan prospek return menjanjikan.

    "Penting pertama adalah return berapa persen, investor kan cari return," kata Anggota Dewan Pengawas INA Darwin Cyril Noerhadi dalam webinar Prospek BUMN 2021 sebagai Lokomotif PEN dan SWF, Kamis, 4 Maret 2021.






    Menurut Cyril, kepastian return juga harus dibarengi dengan edukasi mengenai risiko investasi. Sebab dalam setiap investasi pasti ada risiko yang mesti dipahami oleh investor.
     
    Untuk memahami risiko tersebut, perlu dilakukan uji tuntas atau due diligence terhadap target aset yang akan diinvestasikan. Investor harus diberi pemahaman terkait aset baik greenfield maupun brownfield.

    Misalnya, sejauh mana return kinerja dari aset yang sudah beroperasi, kinerjanya dalam 3 sampai 5 tahun sejak aset tersebut beroperasi.  Kemudian jaminan bahwa INA  ikut terlibat dalam investasi di aset tersebut.

    "Jadi itu cara kita menarik investor asing," pungkas dia.

    Adapun sektor prioritas investasi yakni pembangunan infrastruktur transportasi termasuk jalan tol, pelabuhan maupun bandar udara. Rentang waktu investasinya untuk menengah-panjang antara 5 sampai 10 tahun dengan fokus geografis dalam negeri.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id