Anggaran Pemindahan Ibu Kota Masih Kecil di 2021

    Eko Nordiansyah - 24 Juni 2020 14:39 WIB
    Anggaran Pemindahan Ibu Kota Masih Kecil di 2021
    Ilustrasi Ibu Kota Baru RI. Foto : Kemen PUPPR.
    Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas menyebut anggaran pemindahan ibu kota pada 2021 sebesar Rp38,91 miliar. Anggaran ini masuk dalam program perencanaan pembangunan nasional sebesar Rp760,41 miliar.

    Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menjelaskan anggaran ibu kota baru pada 2021 masih sangat kecil. Anggaran pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) hanya 5,12 persen dari keseluruhan anggaran perencanaan pembangunan nasional.

    "Kegiatan utamanya melakukan koordinasi rencana pemindahan IKN, jadi (anggaran perencanaan) IKN tetap dilakukan. Kemudian termasuk fasilitasi transisi ke otorita IKN," kata dia dalam rapat dengan Komisi XI DPR di Jakarta, Rabu, 24 Juni 2020.

    Dirinya menambahkan anggaran IKN pada tahun depan juga hanya meneruskan pekerjaan masterplan yang sudah ada. Pemerintah masih menimbang apakah pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur bisa berdampak positif ke perekonomian.

    "Kita membutuhkan lokomotif penghela, modal itu bisa melakukan reproduksi luar biasa, sama sekali bukan untuk APBN. Memang APBN akan diperlukan untuk infrastruktur dasar, tapi tidak terlalu besar dan sifatnya multiyears," jelas dia.

    Menurut Suharso, pemindahan ibu kota bisa berdampak berputarnya roda perekonomian di daerah. Tak hanya itu, Indonesia juga bisa menarik banyak investasi untuk masuk karena besarnya proyek pembangunan di lokasi ibu kota baru tersebut.

    "Contoh pembangunan infrastruktur di sana atau gedung, minimal orang butuh batu. Tidak ada di Kalimantan, ada di Sulawesi. Sehingga terjadi perdagangan dari pulau ini ke pulau lain, kargonya jalan, orangnya yang hidup, dan supporting activity hidup," pungkasnya.

    Bappenas meminta anggaran sebesar Rp1,5 triliun dalam pagu indikatif 2021. Selain untuk program perencanaan pembangunan nasional yang mencapai 50,4 persen, ada pula program dukungan manajemen sebesar Rp749,14 miliar atau 49,6 persen.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id