Apindo: Kegiatan Ekonomi akan Kembali Turun

    Ilham wibowo - 10 September 2020 10:01 WIB
    Apindo: Kegiatan Ekonomi akan Kembali Turun
    Aktivitas belanja di mall dihentikan karena PSBB. Foto : MI/Susanto.
    Jakarta: Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyakini bahwa penerapan kembali pembatasan sosial bersekala besar (PSBB) secara bakal menurunkan kegiatan ekonomi di DKI Jakarta. Produktivitas belum bisa diimbangi daya serap pasar domestik yang terkendala secara fisik. 

    Wakil Ketua Apindo Shinta Kamdani menyebutkan bahwa sektor informal yang mempekerjakan 55,72 persen tenaga kerja Indonesia harus lumpuh bahkan terhenti pada implemetasi PSBB April-Mei 2020. Selain DKI Jakarta, wilayah penyangga ibu kota dan pusat bisnis di daerah lain juga ikut menerapkan kebijakan yang sama. 

    "Untuk ekspektasi kegiatan ekonomi pasar domestik, cenderung akan serendah pada April-Mei, tergantung pada local enforcement-nya," kata Shinta kepada Medcom.id, Kamis, 10 September 2020. 

    Menurut Shinta, sektor industri yang dikecualikan dalam PSBB yang rencananya berlaku 14 September 2020 juga akan berdampak pada ekspektasi kegiatan ekspor. Akan tetapi, penurunannya berada di level sedikit lebih tinggi dari periode April-Mei. 

    "Ini dengan asumsi bahwa pasar ekspor global terus meningkatkan permintaan meskipun peningkatannya tipis sepanjang PSBB diberlakukan di Jakarta," ungkapnya. 


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id