Majukan Pertanian, Mentan Minta Kolaborasi Diperkuat

    M Studio - 24 September 2020 16:15 WIB
    Majukan Pertanian, Mentan Minta Kolaborasi Diperkuat
    Mentan Syahrul Yasin Limpo (Foto:Dok.Kementan)
    Jakarta: Sektor pertanian menjadi penopang perekonomian bangsa Indonesia. Produktivitas pertanian Indonesia mampu tumbuh di antara lima sektor penyumbang ekonomi nasional lainnya saat ekonomi Indonesia mengalami kontraksi 5,3 persen.

    Mengingat pentingnya sektor pertanian, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memperkuat kerja sama dan kolaborasi dalam memajukan pertanian.

    Hal itu disampaikan Mentan Syahrul pada peringatan Hari Tani Nasional yang diselenggarakan Kementerian Pertanian (Kementan) di halaman Pusat Informasi Agribisnis (PIA) kantor pusat Kementan, di Jakarta, Kamis, 24 September 2020. 

    "Bertepatan dengan Hari Tani Nasional ini saya mengajak para pelaku pembangunan pertanian untuk bekerja sama mengatasi persoalan pertanian. Kita harus bahu membahu memajukan sektor pertanian karena ini bukan hanya tugas Kementan saja, melainkan tugas semua orang," ujar Mentan Syahrul.

    Hari Tani Nasional (HTN) diperingati setiap tanggal 24 September. Tahun ini, peringatan HTN mengangkat tema Pertanian Andalan Nasional di Tengah Pandemi Covid-19.

    Peringatan HTN, kata Mentan, harus dijadikan momentum konsolidasi emosional bagi jajaran pemerintah yang bekerja di bidang pertanian. Sektor pertanian, harus lebih baik dan menjadi sektor andalan nasional.

    "Kemajuan sebuah daerah bahkan kemajuan nasional sangat ditentukan seperti apa akselerasi pertanian yang kita optimalkan. Makin kuat pertanian kita, maka makin kuat juga kehidupan bangsa dan negara kita," katanya.

    Untuk diketahui, pertanian menjadi satu-satunya sektor yang mengalami pertumbuhan 2,19 persen pada Agustus 2020. Nilai tukar petani mengalami kenaikan yang cukup signifikan yaitu sebesar 100,65 atau naik 0,56 persen (m to m). Kenaikan juga terjadi pada nilai tukar usaha petani (NTUP) Agustus 2020 sebesar 184 atau naik 0,31 persen.

    (ROS)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id