Pemerintah Diminta Cegah Penularan Covid-19 di Pasar Tradisional

    Ilham wibowo - 18 Maret 2020 19:10 WIB
    Pemerintah Diminta Cegah Penularan Covid-19 di Pasar Tradisional
    Pasar tradisional. Foto : AFP.
    Jakarta: Pedagang di pasar tradisional yang tergabung dalam Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKPPI) mengaku sangat khawatir tertular virus korona atau covid-19. Terlebih saat ini standar pencegahan dinilai belum dilakukan secara menyeluruh.

    "Kami butuh masukan dari Kemenkes untuk bisa membuat protokol kesehatan di pasar sebagai ruang publik untuk dijalankan dan disepakati," kata Ketua IKPPI Abdullah Mansuri kepada Medcom.id, Rabu, 18 Maret 2020.

    Protokol kesehatan di pasar mestinya bisa dilakukan sama seperti saat ini yang dilakukan di fasilitas umum seperti halte dan terminal. Pemerintah juga perlu meyakinkan penjual dan pembeli dengan menyemprotkan disinfektan di sudut-sudut lapak pedagang.

    "Kami meminta kepada pemerintah untuk melakukan penyemprotan disintnfektan, bantu pasang hand sanitizer dan siapkan masker untuk beberapa pengunjung atau pedagang yang alami batuk atau flu," ungkapnya.

    Abdullah menuturkan para pedagang pasar tradisional akan siap sedia menjaga kebutuhan pokok masyarakat hingga masa darurat covid-19 berakhir. Imbauan untuk menjaga kesehatan juga telah dilakukan bagi setiap individu pedagang.  

    "Sampai saat ini pasar masih beraktifitas dengan baik dan imbauan yang kami lakukan berupa mengingatkan jika ada yang sakit dan tolong jaga jarak agar tidak terlalu dekat dengan pembeli serta menjaga kebersihan terus dilakukan," ungkapnya.

    Mengantisipasi belanja berlebihan, pedagang di pasar telah diminta membatasi jumlah pembeli kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng dan mi instan. Langkah ini juga dilakukan agar seluruh masyarakat bisa mendapatkan barang secara merata.

    "Pasar diusahakan tetap ada dalam kondisi darurat karena memang kebutuhan pokok sangat dibutuhkan," ucapnya.





    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id