Kapal Pelni Layani 1,2 Juta Penumpang di Semester I-2021

    Antara - 04 Agustus 2021 18:32 WIB
    Kapal Pelni Layani 1,2 Juta Penumpang di Semester I-2021
    Ilustrasi penumpang kapal Pelni - - Foto: MI/ Grandyos Zafna



    Jakarta: PT Pelni (Persero) masih dapat mengangkut sebanyak 1.234.954 penumpang di semester I-2021 meski pandemi covid-19 berimbas pada penurunan jumlah pelanggan.

    Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni (Persero) O.M. Sodikin menjelaskan, secara akumulatif jumlah pelanggan kapal pada armada kapal penumpang dan kapal perintis di semester I-2021 tercatat naik 3,2 persen jika dibandingkan periode yang sama pada 2020 sejumlah 1.195.938 pelanggan.

     



    "Penurunan penumpang terjadi karena terdapat kebijakan pengendalian mobilitas masyarakat akibat pandemi covid-19 seperti peniadaan angkutan mudik 2021, penutupan sejumlah pelabuhan dalam rangka PSBB, hingga pengetatan persyaratan perjalanan dengan transportasi laut," kata Sodikin dalam keterangan tertulis, Rabu, 4 Agustus 2021.

    Sodikin merinci jumlah pelanggan pada kapal penumpang sepanjang semester I-2021 tercatat sebanyak 968.498 pelanggan. Jumlah tersebut turun 2,7 persen jika dibandingkan dengan semester I-2020 yang mencapai 995.749 pelanggan.

    Sementara itu, jumlah penumpang kapal perintis pada periode semester I-2021 naik 33 persen jika dibandingkan periode yang sama di tahun lalu atau dari 200.189 pelanggan menjadi 266.456 pelanggan.

    Sepanjang satu semester kemarin, lima rute padat kapal penumpang yakni rute Belawan-Pulau Batam dengan jumlah penumpang mencapai 18.428 pelanggan, disusul dengan rute ParePare-Tarakan (17.826), Pulau Batam-Belawan (14.341), Makassar-BauBau (11.845), dan Tarakan-ParePare (11.809).

    Sementara itu, lima rute terpadat kapal perintis meliputi rute Tua Pejat-Teluk Bayur dengan jumlah penumpang mencapai 4.411 pelanggan, Kalianget-Masalembo (3.795), Tanjung Wangi-Sapeken (3.630), Banda-Amahai (3.485), serta Masalembo-Kalianget (3.307).

    "Sesuai ketentuan selama masa pandemi, Kapal PELNI hanya mengangkut penumpang 50 persen dari kapasitas terpasang. Hal tersebut dilakukan agar pelaksanaan prokes tetap terjaga selama pelayaran berlangsung," ujarnya.

    Sodikin menambahkan, Pelni terus menjaga performa ketepatan waktu (on time performance/OTP) dalam kegiatan operasionalnya walaupun di tengah keterbatasan kegiatan selama pandemi covid-19. Pada semester I-2021, OTP kapal penumpang Pelni tercatat sebesar 96,65 persen dan kapal perintis tercatat sebesar 95,22 persen.

    "Perusahaan akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pelanggan dan berupaya untuk menjaga on time performance dalam setiap kegiatan operasional armada kapal Pelni," terangnya.

    Di samping itu, Perusahaan juga terus meningkatkan pelayanan untuk memberikan kemudahan kepada pelanggan kapal Pelni. Sodikin menyampaikan, hingga saat ini layanan mesin cetak boarding pass mandiri (vending machine) telah digunakan di 10 pelabuhan keberangkatan kapal meliputi Tanjung Priok, Semarang, Surabaya, Makassar, Medan, Ambon, Bitung, Benoa/Denpasar, BauBau, dan Balikpapan.

    "Perusahaan berencana untuk menambah vending machine di 10 pelabuhan lainnya (Pulau Batam, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Pare-Pare, Kumai, Sampit, Batulicin, Tarakan, Nunukan, serta Pontianak). Kami berharap rencana ini dapat terlaksana di sisa 2021," katanya.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id