comscore

PLN Bakal Bangun Bisnis Limbah PLTU

Annisa ayu artanti - 07 April 2022 20:49 WIB
PLN Bakal Bangun Bisnis Limbah PLTU
Ilustrasi PLTU milik PLN - - Foto: dok PLN
Jakarta: PT PLN (Persero) tengah membangun bisnis model pengolahan limbah padat yang dihasilkan dari proses pembakaran batu bara pada PLTU atau dikenal Fly Ash dan Bottom Ash (FABA)

Direktur Manajemen Sumber Daya Manusia PLN Yusuf Didik Setiarto mengatakan, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup menyatakan FABA merupakan limbah Non Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) sehingga bisa dimanfaatkan bahkan diperjualbelikan.
"PLN sedang membangun beberapa bisnis model baik dalam skala korporasi maupun dalam skala ekonomi rakyat sehingga FABA yang semula dipersepsikan sebagai 'musuh' itu bisa menjadi peluang bisnis yang pada akhirnya bisa memberi manfaat bagi banyak pihak," kata Yusuf dalam diskusi virtual, Kamis, 7 April 2022.

Yusuf menuturkan potensi pemanfaatan FABA sangat besar mulai dari UMKM, bisnis, industri, hingga pemerintah. PLN pun memastikan tidak akan membuang limbah tersebut karena memberikan nilai ekonomi.

Keberadaan FABA juga diyakini dapat mendorong ekonomi sekitar PLTU, seperti sektor konstruksi, pertanian, dan infrastruktur.

"Kita percaya bahwa cost atau biaya yang ditimbulkan dengan pemanfaatan FABA ini, secara sederhana matematikanya adalah memberikan manfaat 50 persen," ujar dia.

Lebih lanjut, Yusuf juga menyampaikan pihaknya tengah berkomunikasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mendapatkan uji teknis atau sertifikasi terkait FABA.

Hal itu dilakukan agar limbah FABA dapat digunakan untuk konstruksi jalan raya maupun untuk bahan bangunan.

"Kita menyadari pengelolaan limbah Non B3 tetaplah harus menggunakan persetujuan lingkungan. Dan untuk itu dalam rangka kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, PLN saat ini dalam proses untuk mengajukan permohonan revisi persetujuan lingkungan atau AMDAL,” pungkas dia.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id