comscore

Jadi Mega Ekosistem Pariwisata, Erick Thohir Optimistis InJourney Tingkatkan Perekonomian Negara

Nia Deviyana - 14 Januari 2022 18:44 WIB
Jadi Mega Ekosistem Pariwisata, Erick Thohir Optimistis InJourney Tingkatkan Perekonomian Negara
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan). Foto: Kementerian BUMN
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir optimistis dibentuknya Holding BUMN Pariwisata dan Pendukungnya yaitu Indonesia Journey (InJourney) dapat mewujudkan mega ekosistem pariwisata Indonesia untuk meningkatkan perekonomian negara.

"Kalau bicara InJourney ini mega ekosistem, dia bisa bergabung ke ekosistem-ekosistem lain yang ada di BUMN lain seperti perbankan," kata Erick melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 14 Januari 2022.
Erick mengeklaim InJourney yang terdiri dari multi-sektor merupakan ekosistem pariwisata terlengkap dan terbesar di Asia Tenggara.

InJourney meliputi seluruh BUMN yang terkait dengan industri pariwisata dan pendukung, mulai dari bandara, hotel, hingga destinasi wisata yang terintegrasi dan terkonsolidasi dari pemerintah pusat, daerah, swasta, hingga menyentuh masyarakat.

"Kami membentuk holding pariwisata dan pendukung tidak lain kita ingin memfokuskan bagaimana kesempatan kita untuk membangun dan menciptakan potensi pariwisata domestik yang potensial selama ini masih sangat besar tapi kurang terintegrasi," ujar Erick yang juga Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) ini.

Dengan terbentuknya InJourney, Erick juga mentransformasi anggota-anggota holding menjadi perusahaan yang sehat, kompetitif, dan berdampak besar pada perekonomian negara serta masyarakat di mana holding BUMN akan terhubung mendukung dan merangkul swasta, UMKM serta BUMN sektor lainnya.

"Karena itu, kita coba mengintegrasikan semua baik dari infrastrukturnya dan juga software-nya. Artinya, kegiatan di dalamnya," terangnya.

Erick pun berharap dengan penggabungan ekosistem yang memiliki total aset holding BUMN pariwisata mencapai Rp261,2 triliun di 2024, serta didukung potensi 17 juta wisatawan asing dan 330 juta wisatawan domestic, InJourney diproyeksikan menjadi lokomotif kebangkitan pariwisata Indonesia.

"Ini kesempatan membangkitkan pariwisata lokal dengan tetap menjaga mancanegaranya," tutupnya.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id