comscore

UMKM Disebut Jadi Katalis Perekonomian Indonesia

M Sholahadhin Azhar - 29 Desember 2021 05:00 WIB
UMKM Disebut Jadi Katalis Perekonomian Indonesia
Ilustrasi pemanfaatan ranah digital oleh UMKM/Medcom.id
Jakarta: Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) disebut menjadi motor penggerak atau katalis perekonomian di Indonesia. UMKM dikatakan mampu berselancar di tengah gelombang ekonomi digital, khususnya saat pandemi covid-19 dua tahun belakangan.

“Saya bisa membayangkan peran UMKM sudah bisa meningkatkan produksi, produktivitas ditopang dengan teknologi, ditopang dengan inklusi keuangan, mereka bisa melakukan ekspor bukan hanya ke ASEAN, tapi bisa sampai ke berbagai negara lain, termasuk Amerika Latin,” kata Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto, melalui keterangan tertulis, Selasa, 28 Desember 2021.
Baca: OJK Ajak Pengusaha Milenial Manfaatkan Pembiayaan Murah dari Pemerintah

Hal tersebut diungkap Christin saat berbincang dalam podcast EndGame di akun YouTube mantan Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan. Menurut Christin, potensi pelaku UMKM masih bisa dikembangkan, utamanya dalam menembus pasar global melalui bantuan teknologi digital.

Merujuk data Shopee Indonesia, ada 5 juta penjual yang terdaftar di e-Commerce berwarna oranye tersebut. Dia memperkirakan ada lebih banyak penjual yang bisa didorong untuk menggeluti usahanya di ranah digital.

Pihaknya telah membangun kampus UMKM di berbagai daerah untuk mendapatkan talenta-talenta wirausaha baru. Dia mengatakan kampus tersebut merupakan pusat edukasi untuk dijadikan markas pengembangan wirausahawan.

"Di situ selain ada tim mendampingi, kita ada kelasnya, juga yang kita ajarkan dari hulu ke hilir,” kata dia.

Di sisi lain, Christin bercerita tentang pengalamannya berkeliling ke berbagai pasar di Tanah Air. Menurut dia, masih banyak penjual belum terkoneksi dengan ekosistem digital, sehingga perlu terus-menerus menyosialisasikan literasi digital. 

Ia yakin, digitalisasi ekonomi membawa perekonomian Indonesia masuk ke jajaran 5 besar negara maju di dunia. "Saya sih bayangannya kalau 2045 itu Indonesia berkat digitalisasi ini sudah bisa masuk ke top 3 dunia. Melewati banyak negara-negara lainnya," kata Christin.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id