comscore

AirAsia Kembali Layani Rute Penerbangan ke Aceh

Antara - 04 Juni 2022 14:41 WIB
AirAsia Kembali Layani Rute Penerbangan ke Aceh
Ilustrasi. FOTO: Wikimedia Commons
Banda Aceh: AirAsia secara resmi kembali melayani rute penerbangan Banda Aceh-Kualanamu, Sumatra Utara (Sumut). Hal itu ditandai dengan mendaratnya pesawat tersebut di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar.

Air Asia yang sempat vakum selama pandemi covid-19 hadir kembali menanggapi Surat Gubernur Aceh kepada manajemen AirAsia untuk kembali membuka rute penerbangan ke Aceh. Penerbangan perdana Maskapai AirAsia itu disambut Kepala Dinas Perhubungan Aceh Teuku Faisal mewakili Gubernur Aceh yang sedang menjalankan tugas kedinasan di Aceh Tengah.
"Gubernur Aceh menulis surat kepada beberapa manajemen perusahaan airlines, yang intinya meminta maskapai tersebut untuk kembali membuka rute penerbangan ke Aceh dan melayani perjalanan udara masyarakat dari dan ke Banda Aceh," kata Faisal, dilansir dari Antara, Sabtu, 4 Juni 2022.

Ia mengapresiasi kehadiran kembali AirAsia di Aceh di sela-sela Inaugural Flight Ceremony yang dihadiri CEO Indonesia AirAsia Veranita Yosephine di Gedung VIP Bandara SIM. Faisal mengatakan seiring melandainya kasus covid-19 di Indonesia, minat masyarakat untuk melakukan perjalanan semakin meningkat, termasuk masyarakat Aceh.

Berdasar data, tercatat 294.287 pergerakan orang keluar dan masuk Aceh selama periode angkutan Lebaran 2022 (H-7 hingga H+7). Sebanyak 23.466 di antaranya menggunakan pesawat udara dan menjadi tugas pemerintah untuk memfasilitasi lancarnya mobilitas masyarakat dengan biaya perjalanan yang terjangkau.

Faisal menyampaikan berbagai keluhan masyarakat Aceh terkait minimnya frekuensi penerbangan dari dan ke Aceh, yang akhirnya menyebabkan tarif penerbangan dari dan ke Aceh melambung tinggi.

"Dengan hadirnya layanan AirAsia, kini masyarakat memiliki alternatif penerbangan dan mendapatkan kesempatan untuk terbang dengan lebih nyaman dengan harga yang terjangkau," kata Faisal.

Pemerintah Aceh mengajak AirAsia untuk terus memperluas jaringan layanan penerbangannya di Aceh, baik domestik maupun internasional. Salah satunya membuka kembali rute penerbangan Banda Aceh – Kuala Lumpur.

CEO Indonesia AirAsia Veranita Yosephine menyampaikan terima kasih atas sambutan dan dukungan yang luar biasa dari Pemerintah Aceh. "Hari ini merupakan momen yang sangat kami nanti-nantikan untuk kembali terbang melayani masyarakat Aceh," pungkas Veranita.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id