Proyek Lapangan Bukit Tua Dongkrak Produksi Gas Nasional

    Suci Sedya Utami - 01 Mei 2020 20:01 WIB
    Proyek Lapangan Bukit Tua Dongkrak Produksi Gas Nasional
    Ilustrasi proyek Lapangan Bukit Tua- - Foto: Antara/ Feni Selly
    Jakarta: Pengembangan proyek Lapangan Bukit Tua Phase-3 menambah jumlah produksi gas nasional. Proyek yang dikelola oleh Petronas Carigali Ketapang II Ltd ini siap beroperasi di tengah pandemi covid-19.

    Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan proyek tersebut didesain untuk menambah produksi gas sebesar 31,5 juta standar kaki kubik per hari (mmscfd), dan minyak sebesar 3.182 barel per hari (bph).

    "Proyek pengembangan Bukit Tua Phase-3 merupakan proyek yang sangat penting mengingat tambahan produksi migas yang dihasilkan cukup besar yang akan sangat bermanfaat bagi konsumen khususnya di Jawa Timur," ujar Dwi dalam keterangan resmi, Jumat, 1 Mei 2020.


    Dwi menyebut proyek ini berada di perairan Madura, Jawa Timur dan menyerap dana investasi sebesar USD15,1 juta. Proyek Bukit Tua Phase-3 merupakan proyek kelima yang telah on stream atau beroperasi dari sebelas proyek yang ditargetkan oleh SKK Migas di 2020.

    Sebelumnya, keempat proyek telah on stream di Kuartal I-2020 yaitu proyek Grati Pressure Lowering, proyek pengembangan Lapangan gas Randugunting, proyek pengembangan Lapangan gas Buntal-5, dan pembangunan Sembakung Power Plant. Proyek-proyek tersebut memberikan tambahan produksi gas 80 mmscfd dan menghasilkan listrik 4 megawatt (MW).

    Karena itu, ia memastikan proyek migas tidak akan berhenti walaupun dalam kondisi sulit. Bahkan beroperasinya proyek akan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah serta masyarakat setempat.

    "Walaupun kondisi sangat sulit, harga minyak rendah dan pandemi covid-19, kami sangat mengapresiasi kinerja dari KKKS Petronas yang tetap berkomitmen dalam mengawal keberhasilan proyek Bukit Tua Phase-3. Ini semakin menegaskan pentingnya hulu migas sebagai penggerak perekonomian nasional," pungkas dia.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id