Kemendag Buka Keran Impor Gula 550 Ribu Ton

    Husen Miftahudin - 13 Maret 2020 17:37 WIB
    Kemendag Buka Keran Impor Gula 550 Ribu Ton
    Menteri Perdagangan Agus Suparmanto - - Foto: Medcom/ Desi Angriani
    Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) membuka keran impor gula sebanyak 550 ribu ton. Langkah ini dilakukan Kemendag untuk menambah pasokan sekaligus sebagai upaya dalam menstabilkan harga gula di pasaran.

    Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan keran impor gula akan masuk ke Indonesia secara bertahap. Akhir bulan ini akan masuk gula impor sebesar 216 ribu ton.

    "Kemudian nanti ada penambahan lagi di April, bertahap sampai nantinya 250 ribu ton lagi. Sehingga sampai akhir Agustus stok gula target kita 670 ribu ton," ujar Agus di kantor Kemenko Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng Timur, Jakarta Pusat, Jumat, 13 Maret 2020.

    Saat ini, sebutnya, stok gula yang ada di distributor sebesar 159 ribu ton. Sementara, kebutuhan gula secara nasional mencapai sebanyak 250 ribu ton.

    Di tempat yang sama, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kemendag Suhanto mengakui impor gula 550 ribu ton merupakan impor tambahan. Sebab sebelumnya Kemendag sudah menetapkan izin impor gula sebanyak 430 ribu ton.

    "Jadi (impor gula) 430 ribu ton ditambah lagi 550 ribu ton. Untuk yang 430 ribu ton sudah masuk, sebagian dalam perjalanan. Tapi ini semua sampai Juni," tutur Suhanto.

    Menurut dia, impor gula yang diizinkan merupakan antisipasi atas prediksi mundurnya musim panen dan giling. Selain itu, pasokan gula sebanyak 159 ribu ton dikhawatirkan tak mampu memenuhi kebutuhan nasional hingga tiga pekan ke depan.

    "Dengan 159 ribu ton (hanya) bisa cukup untuk tiga minggu, akhir bulan akan keluar barang. Menurut para industri begitu barang masuk, itu 2-3 hari jadi gula, tapi enggak langsung sesuai dengan kapasitas," pungkas dia.

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id