Kemenhub Klaim Muatan Tol Laut Meningkat di 2019

    Desi Angriani - 12 Maret 2020 21:00 WIB
    Kemenhub Klaim Muatan Tol Laut Meningkat di 2019
    Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Wisnu Handoko (kiri). Foto: Medcom.id/Desi Angriani.



    Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengklaim program tol laut besutan terus meningkat sejak 2015. Muatan tol laut tercatat mencapai 245.378 ton di 2019.

    Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Wisnu Handoko mengungkapkan tingkat keterisian barang yang diangkut sebesar 74,8 persen, sedangkan muatan balik 6,7 persen pada tahun lalu.

     



    "Progres 2020 saya lihat running ya cuma memang sekali lagi masalah kita ini masalah konsolidasi," katanya dalam jumpa pers di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis, 12 Maret 2020.

    Ia memaparkan pelabuhan yang terkoneksi dengan tol laut juga mengalami peningkatan. Di antaranya sebanyak 76 pelabuhan di 2019 naik menjadi 99 pada 2020.

    "Kemudian aspek pelabuhan, figur paling tinggi itu Saumlaki itu banyak, di atas 700 ton lebih pada 2019. Kemudian ada Tidore, Raha, kemudian Dobo," tambahnya.

    Wisnu menambahkan selama ini program tol laut terkendala muatan balik. Angka muatan logistik yang diberangkatkan dari Pulau Jawa tak sebanyak muatan dari ujung timur Indonesia.

    "Kan masalahnya muatan balik bukan masalah transportasinya tapi masalah komoditinya. Komoditi kan kementerian yang atur masalah komoditi itu yang harus didorong terus, termasuk pemdanya," lanjutnya.

    Sementara itu, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub Wisnu Handoko mengaku akan menggandeng BUMN untuk memberantas praktik monopoli di tol laut.

    "Terkait masalah pengawasan monopoli, jadi sekali lagi saya jelaskan monopoli itu sebelum ada tol laut sudah terjadi seperti itu," katanya.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id