Keringanan Tarif Listrik Bisa via WhatsApp

    Suci Sedya Utami - 02 April 2020 21:29 WIB
    Keringanan Tarif Listrik Bisa via WhatsApp
    Ilustrasi. Foto : MI/Irfan.
    Jakarta: PT PLN (Persero) telah menyiapkan mekanisme atau cara mendapatkan keringanan tarif listrik berupa pembebasan atau gratis tagihan bagi konsumen pelanggan rumah tangga 250 volt ampere (VA) dan diskon tarif 50 persen bagi pelanggan 900 VA subsidi.

    Untuk pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada April, Mei dan Juni. Sementara untuk pelanggan prabayar dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA dengan nomor 0812-2123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id. Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

    Sedangkan diskon tarif untuk pelanggan subsidi 900 VA bagi pelanggan pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada tiap bulannya akan dikurangi 50 persen. Sementara bagi pelanggan prabayar, token listrik gratis sebesar 50 persen akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

    Untuk mekanisme melalui website bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

    1. Buka alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.

    2. Masukkan ID pelanggan/nomor meter. Kemudian token gratis akan ditampilkan di Layar.

    3. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

    Selain itu, pelanggan juga bisa mengakses melalui aplikasi WhatsApp ke nomor 0812-2123-123 dengan cara sebagai berikut:

    1. Buka Aplikasi WhatsApp.

    2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID pelanggan.

    3. Token gratis akan muncul.

    4. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

    Dengan ID pelanggan tersebut, maka pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

    Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah tujuh juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan. sehingga seluruh pelanggan yang digratiskan dan mendapatkan diskon sudah dapat terlayani seluruhnya.

    "Proses pembagian Token Bebas Tagihan dan Diskon Tarif Listrik ini memang bertahap, yang sudah dimulai pada 1 April, paling lambat 11 April seluruh pelanggan yang berhak sudah bisa menikmati program tersebut," ujar Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka.

    Kebijakan pemberian keringanan tagihan listrik ini sebagai bentuk kehadiran negara dalam membantu perekonomian masyarakat miskin dan tidak mampu.

    "Ini bukti PLN bersama Pemerintah siap hadir di setiap kondisi," jelas Made.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id