Inalum Akui Ada Opsi Merumahkan Karyawan

    Suci Sedya Utami - 30 Juni 2020 14:56 WIB
    Inalum Akui Ada Opsi Merumahkan Karyawan
    Direktur Utama Inalum Orias Petrus Moedak. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti
    Jakarta: PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum menyatakan adanya potensi untuk merumahkan karyawan sebagai dampak pandemi covid-19 yang tidak hanya menyerang Indonesia, tetapi juga dunia.

    Direktur Utama Inalum Orias Petrus Moedak mengatakan seluruh anak usaha holding tambang di bawah Inalum atau yang sekarang berganti nama menjadi Mining Industry Indonesia (MIND ID) turut terdampak pandemi. Pandemi covid-19 membuat operasional dan keuangan perusahaan terganggu. Orias bilang seluruh anak usaha termasuk induk melakukan upaya untuk efisiensi untuk mengurangi tekanan covid-19, termasuk yang menyangkut karyawan.

    "Kami akan lakukan penjadwalan shifting kerja kemudian akan menyentuh tunjangan-tunjangan dulu, baru kemungkinan ada pemotongan gaji sampai kepada dirumahkan," ujr Orias dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 30 Juni 2020.

    Namun Orias memastikan merumahkan karyawan merupakan merupakan opsi terakhir. Dirinya mengatakan skenario tersebut kemungkinan bisa terjadi dalam jangka waktu tiga tahun mendatang. Namun, perusahaan akan menyiapkan upaya terbaik agar kemungkinan tersebut tidak terjadi.

    "Tapi itu langkah yang masih sangat jauh, mungkin itu akan kejadian di 2-3 tahun lagi," tutur Orias.

    Lebih lanjut dirinya mengatakan terkait dampak yang berhubungan dengan karyawan, direksi dan komisaris holding akan menggelar rapat untuk mengambil langkah efisiensi lebih lanjut. Ia bilang langkah tersebut akan diambil dengan melihat hasil stress test yang telah dilakukan hingga kuartal II. Selain itu dengan mempertimbangkan potensi bisnis ke depan serta proyeksi permintaan dan harga.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id