comscore

Ini 2 Harapan Pengusaha Ritel ke Jokowi

Theofilus Ifan Sucipto - 08 September 2021 17:02 WIB
Ini 2 Harapan Pengusaha Ritel ke Jokowi
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey. Foto : Medcom.
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji memperhatikan pelaku usaha, khususnya sektor ritel yang menjalankan bisnis pasar swalayan. Pasalnya, pasar swalayan berkontribusi pada konsumsi rumah tangga.

"(Jokowi bilang) tentu perlu mendapat perhatian,” kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Mandey usai bertemu Jokowi, di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu, 8 September 2021.
Roy menyebut Jokowi juga akan menindaklanjuti peraturan yang menghambat investasi pasar modern. Aprindo mengapresiasi respons Kepala Negara.

"Karena inilah harapan kami, kepastian hukum dan kemudahan berusaha," papar dia.

Selain itu, Roy meminta Jokowi senantiasa melibatkan pelaku usaha dalam mengambil kebijakan. Salah satu bentuknya berkoordinasi dengan mereka sebelum regulasi diberlakukan dan stimulus diberikan.

Sebelumnya, Roy mengatakan konsumsi tertinggi di Indonesia berasal dari rumah tangga sebesar 57,6 persen. Roy mengusulkan sektor perdagangan eceran dan pasar modern menjadi prioritas pemerintah.

"Karena sampai hari ini kami terdampak dan harus terus beroperasi tapi belum mendapat kesempatan untuk restrukturisasi kredit,” tutur dia.

Roy juga menyampaikan aspirasi dari pasar swalayan. Mereka berharap ada relaksasi peraturan terkait pengembangan ritel modern karena mewajibkan harus dengan waralaba.

Menurut Roy, waralaba bukan menjadi pilihan investasi di tengah pandemi covid-19. Khususnya yang bernilai signifikan seperti supermarket, hypermarket, dan department store karena sangat sulit mencari pewaralaba.

"Artinya kalau kita harus pakai waralaba maka kita tidak bisa ekspansi," papar dia.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id