Tambahan Impor dari Tiongkok, Luhut: Persoalan Oksigen Medis Mulai Teratasi

    Annisa ayu artanti - 14 Juli 2021 12:11 WIB
    Tambahan Impor dari Tiongkok, Luhut: Persoalan Oksigen Medis Mulai Teratasi
    Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan investasi Luhut Binsar Pandjaitan - - Foto: dok Antara



    Jakarta: Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan masalah pasokan oksigen untuk kebutuhan medis mulai teratasi. Hal ini seiring dibukanya keran impor oksigen dari Tiongkok dan Singapura.

    "Oksigen kita tata dengan baik, sehingga kita harap mulai minggu ini 15 Juli ini oksigen itu secara bertahap makin baik suplainya," kata Luhut dalam acara Investor Daily Summit 2021, Rabu, 14 Juli 2021.

     



    Ia menjelaskan Indonesia akan kedatangan pasokan dari Tiongkok dan Singapura. Termasuk mengimpor 40 ribu ton oksigen cair (liquid oxygen) untuk kebutuhan pasien covid-19.

    "Itu (oksigen) akan kita gunakan untuk kasus ringan. Mungkin (akan digunakan) yang di perumahan atau yang karantina. Itu akan diatur oleh yayasan dari BUMN," terang dia,

    Adapun lonjakan penularan covid-19 akibat varian delta membuat kebutuhan oksigen semakin besar. Suplai pun mulai terkendala sehingga membuat oksigen medis menjadi langka.

    Pemerintah pun menyiapkan tiga strategi untuk mengatasi kelangkaan oksigen medis tersebut. Pertama, memperbanyak suplai dengan cara membuka impor oksigen dari luar negeri.

    Izin impor ini sudah memperoleh restu Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Perindustrian yang bisa menambah impor 600-700 ton per hari.

    Kemudian mengambil kelebihan suplai oksigen industri dan strategi ketiga dengan mengimpor oksigen konsentrator untuk rumah sakit maupun rumah biasa.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id