Jokowi Perintahkan Dewan Penunjang Ekspor Dihidupkan Kembali

    Nur Azizah - 04 Maret 2021 16:56 WIB
    Jokowi Perintahkan Dewan Penunjang Ekspor Dihidupkan Kembali
    Presiden Joko Widodo. Dok. BPIM Setpres



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kementerian Perdagangan untuk menghidupkan kembali Dewan Penunjang Ekspor. Jokowi sudah menyampaikan instruksi tersebut sejak tahun lalu.

    "Dihidupkan lagi. Ini bisa membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar bisa memperbaiki produksinya," kata Jokowi dalam Rapat Koordinasi Kementerian Perdagangan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Maret 2021.






    Dewan Penunjang Ekspor juga bisa membantu UMKM dalam memperbaiki desain hingga pengemasan produk. Dengan begitu, produk UMKM bisa dilirik dunia.

    "Jadi kualitasnya bisa lebih baik. Ini harus berkolaborasi dengan kementerian/lembaga yang lain, institusi yang lain dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM kita di pasar global," ujar Jokowi.

    Baca: Kemendag Diminta Bidik Inggris sebagai Ladang Ekspor

    Selain itu, Dewan Penunjang Ekspor bisa membantu UMKM meningkatkan kapasitas produksi. Sebab, UMKM Indonesia baru bisa menyumbang 13 persen dari total ekspor.

    "UMKM dibantu agar lebih mampu untuk ekspor. Tadi sedikit sudah saya singgung. Kita perlu lebih banyak UMKM yang menjadi eksportir dalam jumlah besar," tuturnya.

    Jokowi juga mengajak masyarakat untuk mencintai produk-produk dalam negeri. Masyarakat harus mulai membenci produk luar negeri.

    "Ajakan untuk cinta produk kita sendiri, produk-produk Indonesia harus terus digaungkan. Produk-produk dalam negeri gaungkan. Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri," tegasnya.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id