Izin Amdal UU Cipta Kerja, Investor Wajib Punya Dana Rehabilitasi Lingkungan

    Eko Nordiansyah - 09 Oktober 2020 20:08 WIB
    Izin Amdal UU Cipta Kerja, Investor Wajib Punya Dana Rehabilitasi Lingkungan
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok AFP
    Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan izin analisis dampak lingkungan (Amdal) tercantum dalam Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Dalam UU sapu jagat ini, izin amdal dalam perizinan berusaha tak lagi bisa sembarangan.

    Investor diharuskan melakukan penilaian dampak lingkungan sebelum mengajukan persyaratan izin lingkungan. Artinya payung hukum tersebut memperkuat izin yang sebelumnya.

    "Kami tidak melemahkan, tetapi kami memperkuat kebijakan terhadap lingkungan," kata dia dalam seminar virtual 7th OECD Forum on Green Finance and Investment di Jakarta, Jumat, 9 Oktober 2020.

    Selain itu, investor juga diwajibkan memiliki dana rehabilitasi atau pemulihan fungsi lingkungan. Tujuannya agar investor bisa memastikan setiap investasi yang masuk tidak akan merusak lingkungan.

    "Kami juga memberikan kepastian kebutuhan investor untuk mendirikan dana rehabilitasi lingkungan, hal ini khususnya karena di dalam negeri terdapat banyak sekali baik, kehutanan maupun pertambangan, yang investasi harus menghimpun dana rehabilitasi. Sehingga pada akhirnya investasi tersebut tidak akan merusak lingkungan," jelas dia.

    Adapun kewajiban untuk memiliki dana rehabilitasi lingkungan tertuang dalam Pasal 55 UU Cipta Kerja. Di dalamnya disebutkan bahwa pemegang perizinan berusaha wajib menyediakan dana penjaminan untuk pemulihan fungsi lingkungan hidup.

    Dana penjaminan tersebut wajib disimpan di bank pemerintah yang ditunjuk oleh pemerintah pusat. Selain itu, pemerintah pusat dapat menetapkan pihak ketiga untuk melakukan pemulihan fungsi lingkungan hidup dengan menggunakan dana penjaminan.  

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id