Teten Ingin Peran Aktif Anggota Koperasi Ditingkatkan

    Ilham wibowo - 12 Oktober 2020 19:05 WIB
    Teten Ingin Peran Aktif Anggota Koperasi Ditingkatkan
    Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Foto: Dok.Kemenkop UKM
    Jakarta: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mendorong anggota koperasi untuk terlibat langsung dalam setiap rencana kegiatan strategis.

    "Bahkan anggota juga sebagai pengawas, anggota wajib berpartisipasi dalam pengawasan koperasi," kata Teten melalui keterangan tertulis, Senin, 12 Oktober 2020.

    Menurut Teten, keterlibatan anggota dilakukan demi mencapai pembagian keuntungan yang adil sesuai dengan partisipasi dan kontribusinya. Teten bilang, hal ini yang menjadi keunggulan koperasi dibanding badan usaha lain.

    "Koperasi merupakan salah satu lembaga ekonomi pertama di Indonesia yang dibentuk para pendiri bangsa dengan tujuan sebagai salah satu pilar ekonomi Indonesia," ungkapnya.

    Teten menuturkan bahwa partisipasi anggota dalam pemanfaatan pelayanan dalam berbagai jenis unit usaha sangat penting untuk terus ditingkatkan. Jumlah dan frekuensi pemanfaatan layanan dari setiap unit usaha koperasi, besaran transaksi berdasarkan waktu, dan unit usaha yang dimanfaatkan juga perlu diperhatikan.  

    "Bentuk partisipasi lainnya dalam menyampaikan kritik, tata cara penyampaian kritik, ikut serta melakukan pengawasan jalannya organisasi dan usaha koperasi," tuturnya.

    Teten menambah, peran aktif pengurus koperasi juga harus menyampaikan secara utuh perencanaan usaha hingga anggota dapat memahami, menyadari, dan ikut bertanggung jawab atas upaya pencapaian tujuan usaha.

    "Anggota perlu menyadari tujuan pelayanan usaha yang dilakukan oleh pengurus dan pengelola," pungkasnya.
     

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id