KKP: UU Cipta Kerja Permudah Nelayan Melaut

    Antara - 10 Oktober 2020 14:30 WIB
    KKP: UU Cipta Kerja Permudah Nelayan Melaut
    Ilustrasi - - Foto: MI/ Palce Amalo
    Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebut Undang-undang Cipta Kerja mempermudah sektor perikanan di Indonesia. Sebab ada belasan dokumen yang harus di bawa nelayan saat melaut. Kini melalui omnibus law semua pengurusan dokumen tersebut dapat dilakukan di kementerian.

    "Ada belasan dokumen perizinan yang harus dibawa di atas kapal saat melaut. Dengan UU Cipta Kerja, disederhanakan dan pengurusannya semua di KKP," kata Plt Dirjen Perikanan Tangkap KKP Muhammad dikutip dari Antara, Sabtu, 10 Oktober 2020.

    Menurut Zaini, selama ini nelayan mengeluhkan berbagai daftar perizinan yang harus dipenuhi. Belum lagi perizinan tumpang tindih karena pengurusannya berada di instansi berbeda.

    Bahkan masa berlaku perizinan pun tidak sama. Jika salah satu izin habis masa berlakunya, nelayan pun tidak bisa melaut secara legal. Kini dalam UU Cipta Kerja, perizinan hanya dikeluarkan oleh satu instansi dan tidak memuat perbedaan masa berlaku.

    "Kalau begini kan mereka tidak ragu lagi menangkap ikan di laut," terang dia.

    Ia menambahkan mayoritas nelayan di Indonesia merupakan nelayan kecil dan menengah dengan ukuran kapal di bawah 30 GT. Jumlah nelayan ini mencapai 600 ribuan kapal. Sementara yang di atas 30 GT hanya 5.400 kapal.

    Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menegaskan lahirnya UU Cipta Kerja akan memberi banyak manfaat bagi nelayan kecil dan menengah.

    "Yang paling banyak diuntungkan nanti adalah masyarakat nelayan itu sendiri. Kepastian usaha mereka, kepastian perizinan mereka, dan kekhawatiran mereka terhadap kriminalisasi di tengah laut juga tidak ada lagi," ujarnya.

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id