Mendag Minta Upaya Perlindungan Konsumen Terus Meningkat

    Ilham wibowo - 12 November 2020 09:31 WIB
    Mendag Minta Upaya Perlindungan Konsumen Terus Meningkat
    Menteri Perdagangan Agus Suparmanto. FOTO: Kemendag
    Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto meminta Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) terus meningkatkan upaya perlindungan kepada konsumen. Perubahan pola perdagangan yang cenderung memanfaatkan teknologi digital perlu diantisipasi.

    "Dengan menempati kantor baru dan semangat yang baru, diharapkan BPKN akan terus menghasilkan saran serta pertimbangan yang bermanfaat kepada pemerintah dalam upaya pengembangan perlindungan konsumen di Indonesia," ujar Agus dalam peresmian kantor baru BPKN di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis, 12 November 2020.

    Sejak didirikan pada 2004, BPKN menempati kantor di Gedung I Kementerian Perdagangan. Lembaga pelindung kepentingan konsumen di Indonesia tersebut diharapkan bisa terus mengoptimalkan target kegiatan dan program yang dicanangkan
     
    Mendag menekankan pelaksanaan perlindungan konsumen perlu sinergitas yang kuat dan terarah dari seluruh penyelenggara perlindungan konsumen. Saat ini, Indonesia berada di peringkat satu di antara konsumen terbesar di dunia.  

    "Apalagi dengan kondisi pandemi yang sedang terjadi. Hal ini telah mengubah berbagai perilaku konsumen. Perubahan pola perilaku konsumen harus diimbangi dengan berbagai kebijakan yang dapat melindungi aktivitas pola perdagangan yang saat ini berbasis digital," imbuh Mendag.

    Menurut Mendag hasil survei Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) Indonesia pada 2019 adalah 41,70, yaitu masih berada pada level mampu. Artinya, konsumen sudah mengenali hak dan kewajibannya, serta mampu menentukan pilihan konsumsinya tetapi belum terlalu aktif dalam memperjuangkan hak-haknya sebagai konsumen.

    "Selain memberikan rekomendasi terkait perlindungan konsumen, semoga keberadaan BPKN diharapkan juga mampu meningkatkan sinergitas penyelenggaraan perlindungan konsumen dalam rangka meningkatkan level keberdayaan konsumen di Indonesia," pungkasnya.
     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id