Banyak yang Belum Terima Subsidi Gaji Termin II, Ini Penyebabnya

    Annisa ayu artanti - 17 November 2020 10:40 WIB
    Banyak yang Belum Terima Subsidi Gaji Termin II, Ini Penyebabnya
    Ilustrasi. Foto: AFP
    Jakarta: Pemerintah telah menyalurkan bantuan subsidi gaji/upah (BSU) termin kedua. Namun, ternyata masih banyak pekerja yang belum menerimanya.

    Lantas, apa penyebab bantuan subsidi gaji belum masuk rekening?

    Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengakui adanya beberapa kendala yang menyebabkan bantuan dari pemerintah ini belum sampai ke pekerja.

    Ia menyebut, biasanya kendala tersebut berupa duplikasi rekening, rekening sudah tutup, rekening pasif, rekening tidak valid, atau rekening telah dibekukan.

    "Selain itu, terdapat rekening yang tidak sesuai NIK dan rekening yang tidak terdaftar di kliring. Jumlahnya rekening bermasalah ini mencapai 151 ribu rekening," kata Ida dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 17 November 2020.

    Ida berharap masyarakat yang merasa berhak mendapat subsidi gaji namun masih terkendala, untuk segera berkomunikasi dengan manajemen perusahaan dan BPJS Ketenagakerjaan agar datanya dapat diperbaiki.

    "Karena sumber datanya dari BPJS Ketenagakerjaan, sehingga penyelesaian data ini harus dikoordinasikan dengan mereka juga. Barulah nanti BPJS Ketenagakerjaan akan menyampaikan koreksi kepada Kemenaker," jelasnya.

    Penyaluran subsidi gaji termin kedua merupakan penyaluran periode November-Desember 2020. Pada termin kedua ini penyaluran subsidi gaji dibagi menjadi tiga tahap.

    Tahap pertama, subsidi gaji disalurkan kepada 2.180.382 pekerja, dan pada tahap kedua disalurkan kepada 2.713.434 pekerja, dan pada tahap ketiga disalurkan kepada 3.149.031 pekerja.  
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id