comscore

Kominfo Pertajam Ujung Tombak Komunikasi Publik di Daerah

Ade Hapsari Lestarini - 07 Juli 2022 12:47 WIB
Kominfo Pertajam Ujung Tombak Komunikasi Publik di Daerah
Direktur Pengelolaan Media Kementerian Kominfo Nursodik Gunarjo. Foto: dok Kominfo.
Jakarta: Direktorat Pengelolaan Media Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) untuk meningkatkan keterampilan penulisan berita para pengelola media center daerah dan tenaga hubungan masyarakat (humas) pemerintah.

Direktur Pengelolaan Media Kementerian Kominfo Nursodik Gunarjo mengatakan bimtek "Jadi Pinter Bareng Kominfo Newsroom (Jarkom) Edisi Media Center Daerah: Menulis Berita Online dan Teknis Search Engine Optimization (SEO)" merupakan wadah bagi pejuang informasi yang merupakan pengelola kanal komunikasi publik pemerintah dalam meningkatkan kualitas dan kapasitasnya.
Nursodik mengatakan peran pejuang informasi baik pusat maupun daerah menjadi penting dan menentukan. Kehumasan pemerintah atau government public relation bagi lembaga pemerintahan, ke depan akan memegang peran besar, terutama dalam pemenuhan hak publik terhadap informasi.

"Humas pemerintah menjadi ujung tombak dalam penyampaian program dan kinerja pemerintah dengan narasi-narasi yang mudah dipahami," katanya, dikutip dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 7 Juli 2022.
 
Baca juga: Presidensi G20 Sangat Penting Bagi Indonesia untuk Jadi Negara Maju

Harapannya agar para pengelola kanal atau pejuang informasi bisa membuat narasi tunggal tentang program dan kebijakan pemerintah seperti yang sudah diamanatkan dalam Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2015 tentang pengelolaan komunikasi publik.

"Jarkom ini sebagai upaya kita untuk menghasilkan kawan-kawan humas yang tangguh dan mampu menerjemahkan program dan kebijakan pemerintah ke dalam narasi-narasi dan produk informasi yang berkualitas," kata Nursodik.

Bimtek yang diikuti sekitar 300 orang secara daring maupun luring itu menghadirkan narasumber Senior Jurnalis dari Media Indonesia Eko Suprihatno, Redaktur Pelaksana Indonesia.go.id yang sekaligus Redaktur Portal Berita InfoPublik Elvira Inda Sari.

"Kita harus memposisikan diri kita bukan sebagai penulis berita, tetapi sebagai pembaca berita yang tidak tahu ada kejadian apa-apa," ungkap Elvira.

Sementara Eko Suprihatno mengatakan kanal komunikasi publik yang dikelola humas pemerintah memiliki kelebihan dekat dengan sumber berita. "Hal itu yang tidak dimiliki media mainstream. Humas pemerintah harus mampu memanfaatkannya dengan baik," katanya.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id