comscore

Stok BBM, Elpiji, hingga Listrik Dipastikan Aman Selama Mudik Lebaran

Eko Nordiansyah - 25 April 2022 13:21 WIB
Stok BBM, Elpiji, hingga Listrik Dipastikan Aman Selama Mudik Lebaran
Ilustrasi stok BBM selama mudik Lebaran aman - - Foto: MI/ Panca Syurkani
Jakarta: Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memastikan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk kebutuhan selama mudik Lebaran tahun ini dalam kondisi aman. Rata-rata ketersediaan BBM semua jenis mencapai 21 hari ke depan.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengatakan, proyeksi untuk ketersediaan sektor BBM selama periode Idulfitri dalam level normal. Ia mencontohkan, BBM jenis pertalite saat ini masih mencukupi untuk 17 hari.
Selanjutnya, BBM jenis pertamax masih tersedia untuk kebutuhan selama 32 hari, pertamax turbo untuk 59 hari, solar untuk 21 hari, dexlite 20 hari, Pertamina dex 72 hari, serta avtur 37 hari.

"Diprediksikan total gasoline (bensin) akan meningkat kurang lebih lima persen dikarenakan peningkatan arus mudik yang didominasi oleh mobil pribadi dan sepeda motor," kata dia dalam video conference, Senin, 25 April 2022.

Sedangkan untuk gasoil (solar), diperkirakan akan menurun lima persen karena adanya pembatasan kendaraan logistik dan truk besar selama arus mudik Lebaran pada 28 April-1 Mei 2022 dan selama arus balik pada 7-9 Mei 2022.

Untuk kondisi ketersediaan elpiji juga dipastikan normal dengan coverage day per 23 April 2022 adalah 13 hari. Penyaluran elpiji secara umum diperkirakan naik sekitar tiga persen dibanding rerata penyaluran normal selama masa mudik Lebaran tahun ini.
 
Sementara untuk sektor listrik, prognosa kondisi sistem kelistrikan pada hari H perayaan Idulfitri 1443 H/2022 M secara umum dalam kondisi aman. Dengan kondisi daya pasok 43.400,08 MW dan perkiraan beban puncak  32.201,23 MW, maka ada cadangan 11.198,85 MW atau 34,78 persen.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id