Ekspor Produk Baja Indonesia Berpeluang Meroket Usai Lolos Bea Masuk Tindakan Pengamanan

    Annisa ayu artanti - 21 Mei 2021 10:47 WIB
    Ekspor Produk Baja Indonesia Berpeluang Meroket Usai Lolos Bea Masuk Tindakan Pengamanan
    Menteri Perdagangan M Lutfi. FOTO: dok Kemendag



    Jakarta: Peluang ekspor produk baja Indonesia di kawasan teluk yang tergabung dalam Gulf Cooperation Council (GCC) semakin besar seiring dengan lolosnya produk baja Indonesia dari pengenaan safeguard atau Bea Masuk Tindakan Pengamanan (BMTP).

    Menteri Perdagangan RI Muhammad Lutfi mengungkapkan, dengan lolosnya Indonesia dari pengenaan BMTP ini memberi peluang bagi eksportir baja Indonesia untuk meningkatkan ekspornya ke negara-negara teluk. Negara-negara yang tergabung dalam GCC yaitu Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, Kuwait, Qatar, dan Oman.

     



    "Pemerintah menyambut baik keputusan untuk mengecualikan produk baja Indonesia dari Bea Masuk Tindakan Pengamanan. Hal ini memperbesar peluang bagi baja Indonesia untuk memasuki pasar kawasan teluk," kata Lutfi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 21 Mei 2021.

    Sementara itu, Plt Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana menyampaikan, pemerintah dan pelaku usaha selalu bekerja keras untuk menanggulangi setiap potensi yang menghambat akses pasar ekspor Indonesia.

    "Pengecualian Indonesia dari pengenaan BMTP di negara-negara GCC adalah buah dari keseriusan pemerintah dan perusahaan dalam membela kepentingan produk nasional," ungkap Wisnu.

    Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) secara kumulatif menunjukkan nilai ekspor sembilan kelompok baja yang diselidiki ke negara GCC pada 2020 mencapai USD73,4 juta. Kinerja ekspor Indonesia sempat merosot pada periode Januari-Maret 2021 menjadi USD10,5 juta jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020 yang mencapai USD20,7 juta.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id