Menjahit Harapan di Masa Pandemi Berkepanjangan

    Annisa ayu artanti - 28 Oktober 2020 22:18 WIB
    Menjahit Harapan di Masa Pandemi Berkepanjangan
    Asih Wijayanti, salah satu pelaku UMKM binaan Pertamina yang bertahan di tengah pandemi. Foto: dok Pertamina.
     

    Kemitraan dengan Pertamina

    Dihubungi terpisah, Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina RU IV Cilacap Hatim Ilwan mengakui Asih merupakan salah satu binaan Pertamina yang mengalami kemajuan cukup pesat. Setahun lalu, Asih diberi pinjaman modal sebesar Rp75 juta dengan tenor tiga tahun. Tak hanya sukses memajukan bisnisnya, Hatim menilai bisnis konveksi Asih juga berhasil menciptakan efek ganda bagi masyarakat sekitar.

    "Sokongan kami kepada Bu Asih tidak hanya selesai dilevel pemberian permodalan atau pembiayan saja, tapi juga kita angkat Bu Asih semacam UMKM yang menjadi rujukan bagi UMKM lain," ucapnya.

    Hatim menjelaskan program kemitraan Pertamina ini merupakan salah satu instrumen yang dipunyai perusahaan untuk menjalankan amanah Undang-Undang sebagai agen pembangunan.

    "Keberadaan program kemitraan ini bukan mau mengusur perbankan, kami hanya menjalankan amanat dari Undang-Undang, yakni sebagai BUMN kami memiliki tanggung jawab membantu UMKM lewat permodalan," jelasnya.

    Menjahit Harapan di Masa Pandemi Berkepanjangan
    Pertamina membantu UMKM untuk bisa bertahan di tengah pandemi. Foto: dok Pertamina.

    Tahun ini Pertamina RU IV Cilacap menargetkan dapat menyalurkan program kemitraan sebanyak Rp8 miliar. Dia pun menegaskan upaya Pertamina Kilang Cilacap untuk membantu UMKM tak main-main.

    Sebelumnya dalam acara Primetime Metro TV, Senin, 14 September 2020 lalu Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati juga pernah menyampaikan program kemitraan binaan Pertamina telah dilakukan oleh perusahaan tersebut sejak 1993.

    Program kemitraan kepada UMKM adalah upaya perusahaan untuk berperan dalam memajukan UMKM. Setidaknya saat ini ada 63 ribu UMKM telah menjadi mitra binaan Pertamina. Hingga akhir tahun Pertamina menargetkan 8.000 UMKM menjadi mitra binaan baru.

    "Sebagai BUMN sesuai yang diamanatkan dalam UU BUMN, kita juga harus membantu membina UMKM," kata Nicke.

    (AHL)
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id