Jamin BBM Nasional, Pertamina Luncurkan Kapal Raksasa

    Suci Sedya Utami - 22 Januari 2021 17:35 WIB
    Jamin BBM Nasional, Pertamina Luncurkan Kapal Raksasa
    Kapal baru Pertamina bernama Pertamina Prime - - Foto: dok Pertamina



    Jakarta: PT Pertamina (Persero) meluncurkan kapal baru very large crude carrier (VLCC) dengan kapasitas dua juta barel. 'Pertamina Prime' ini dibangun sejak 2018 di Kumamoto Jepang untuk memperkuat jaminan pasokan dan distribusi BBM nasional.

    Kapal raksasa tersebut akan diserahterimakan pada 30 Maret 2021. "Kehadiran kapal VLCC bukan hanya kebanggaan bagi Pertamina, namun juga bagi Indonesia karena memiliki armada yang tangguh dengan performa luar biasa untuk mengangkut pasokan BBM," kata Direktur Strategi, Portofolio dan Pengembangan Usaha PT Pertamina (Persero) Iman Rahman dalam keterangan resmi, Jumat, 22 Januari 2021.






    Direktur Utama PT Pertamina International Shipping (PIS) Erry Widiastono menambahkan pihaknya mendapat tugas sebagai supporting supply chain distribusi untuk pengangkutan kargo impor Pertamina dengan skema FOB (Free On Board) lantaran bergerak di bidang usaha utama pelayaran atau pengangkutan laut.

    Menurut Erry, kapal ini merupakan kapal kedua tipe VLCC yang disiapkan untuk mendukung pengamanan pasokan kebutuhan feedstock kilang yang dijalankan oleh Subholding Refinery & Petrochemical Pertamina. Sebelumnya Pertamina juga telah meluncurkan kapal pertama 'Pertamina Pride' pada November 2020.


    Kedua kapal VLCC tersebut masing-masing memiliki kapasitas angkutan kargo sebesar 324,995 meter kubik (kondisi 95 persen capacity) atau sekitar dua juta barel yang merupakan single screw driven single deck type crude oil tanker dengan panjang keseluruhan (LOA) 330 meter dan draf 29.35 meter.

    Ia menambahkan kapal VLCC ini lebih efisien dalam penggunaan bahan bahan bakar dan penerapan konsep eco-green vessel yang menjadikan kapal ini memiliki konsumsi bahan bakar minyak sebesar 68,2 metrik ton per hari atau lebih irit sebesar 25 persen dibandingkan dengan kapal sejenis.

    “Hal ini sejalan dengan komitmen Pertamina untuk selalu menerapkan teknologi tinggi yang ramah lingkungan,” pungkas Erry.  


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id