Teten Pastikan Usaha Mikro Mendapat Sertifikat Halal Gratis

    Ilham wibowo - 14 Oktober 2020 11:42 WIB
    Teten Pastikan Usaha Mikro Mendapat Sertifikat Halal Gratis
    Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki - - Foto: dok Kemenkop UKM
    Jakarta: Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memastikan UMKM akan mendapat sertifikat halal gratis dari pemerintah dengan disahkannya Undang-undang Cipta Kerja. Omnibus law tersebut diyakini menjadi tonggak kebangkitan UMKM di Indonesia.

    "Dengan disahkannya UU Cipta Kerja, pelaku usaha mikro akan diberikan sertifikasi halal secara gratis, disubsidi oleh pemerintah. Ini adalah kebangkitan UMKM," kata Teten melalui keterangan tertulis, Rabu, 14 Oktober 2020.

    Menurutnya biaya dan teknis mendapatkan sertifikasi halal kerap menjadi beban bagi pengembangan UMKM. Padahal, ketentuan label halal sangat penting untuk memberi nilai tambah dan daya saing produk selain Standar Nasional Indonesia (SNI).

    "Ini beban UMKM selama ini sehingga sulit menjualnya. Dengan disahkannya UU Cipta Kerja, ini digratiskan dan ditambah dengan adanya lembaga yang melakukan pengujian dan MUI yang mengeluarkan," paparnya.

    Hingga saat ini, sebanyak 97 persen penyerapan tenaga kerja di Indonesia berasal dari sektor UMKM. Implementasi UU Ciptaker pun bakal jadi tumpuan dalam menekan angka pengangguran dan kemiskinan.


    "Saat ini angka pengangguran lebih dari tujuh juta orang ditambah PHK baru sebesar tiga juta, kondisinya tidak mudah. UU Cipta Kerja mengatur dari hulu sampai hilir mulai dari perizinan UMKM, pembiayaan, akses pasar, dan perbaikan rantai pasok. Saya optimistis UMKM bisa tumbuh berkembang dengan menyerap tenaga kerja lebih besar lagi," ungkapnya. 

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id