Pengusaha Ingin Kebijakan Kelonggaran PSBB Jilid II Merata

    Ilham wibowo - 12 Oktober 2020 09:15 WIB
    Pengusaha Ingin Kebijakan Kelonggaran PSBB Jilid II Merata
    Ilustrasi. Foto : Medcom.
    Jakarta: Disiplin penerapan protokol kesehatan perlu terus diterapkan meski Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jilid II Jakarta yang diperlonggar. Penurunan angka penularan wabah covid-19 bakal menentukan izin dibukanya kembali kegiatan usaha secara merata.

     "Tugas kita bersama untuk selalu disiplin melaksanakan protokol kesehatan sehingga angka penyebaran virus covid-19 terkendali dan semakin menurun," kata Ketua Umum DPD Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (Hippi) DKI Jakarta Sarman Simanjorang kepada Medcom.id, Senin, 12 Oktober 2020.

    Sarman menuturkan bahwa pihaknya menyambut baik keputusan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang kembali menetapkan status PSBB transisi mulai 12-25 Oktober 2020. Keputusan didasari beberapa indikator antara lain laporan kasus harian, kasus kematian harian, tren kasus aktif, dan tingkat keterisian rumah sakit rujukan covid-19.

    Meski begitu, sejumlah jenis usaha masih belum diperbolehkan buka seperti tempat hiburan malam, spa, griya pijat, dan karaoke. Menurut Sarman, kelompok usaha pemilik banyak tenaga kerja tersebut juga termasuk yang sudah sangat terdampak akibat pandemi covid-19.

    "Cash flow pengusaha sudah semakin mengkhawatirkan, kewajiban bulanan tidak lagi seimbang dengan pemasukan yang ada, jika PSBB diperketat terlalu berkepanjangan tidak tertutup kemungkinan akan banyak pengusaha yang gulung tikar dan angka pengangguran semakin bertambah," paparnya.

    Stimulus usaha masih perlu diberikan Pemerintah agar eksistensi kegiatan usaha bisa bertahan setidaknya hingga implementasi vaksin. Harapan besar dunia usaha, kata Sarman, saat uji coba vaksin covid-19 di Indonesia bisa berhasil dan sesuai jadwal.

    "Semoga dengan PSBB transisi ini menambah semangat pengusaha untuk mampu bertahan di masa pandemi covid-19 ini, sembari kita mendoakan agar proses uji coba vaksin covid-19 berjalan lancar sehingga dapat segera direalisasikan," tuturnya.  

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id