5 Populer Ekonomi: RI Punya Bandara Tersibuk di Dunia Jadi Sorotan

    Ade Hapsari Lestarini - 15 Februari 2021 08:21 WIB
    5 Populer Ekonomi: RI Punya Bandara Tersibuk di Dunia Jadi Sorotan
    Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta. Foto: dok MI/Sumaryanto.



    Jakarta: Berita-berita yang mencuri perhatian pembaca kanal ekonomi Medcom.id cukup variatif pada Minggu, 14 Februari 2021.

    Mulai dari Indonesia punya bandara tersibuk di dunia, perpanjangan landasan Bandara Lombok sebagai persiapan ajang MotoGP, hingga kesimpulan Menparekraf Sandiaga Uno selama berkantor di Bali.




    Berikut lima berita terpopuler pada Minggu, 14 Februari 2021 yang menjadi perhatian pembaca:

    1. Masuk 10 Besar, Soetta Jadi Bandara Tersibuk di Dunia

    Presiden Direktur PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan berdasarkan riset dari lembaga analisis penerbangan global OAG, dua rute penerbangan dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta pada Februari 2021 termasuk ke dalam 10 besar rute domestik tersibuk di dunia. Hal ini berdasarkan kapasitas kursi penerbangan yang tersedia.

    "Tingginya kapasitas kursi penerbangan menandakan adanya permintaan, yang juga berarti bahwa stakeholder mampu menjaga konektivitas udara dan operasional di Bandara Soekarno-Hatta," kata Awaluddin dalam keterangan tertulis, Minggu, 14 Februari 2021.

    Baca berita selengkapnya di sini

    2. Perpanjangan Landasan Bandara Lombok Ditarget Rampung Sebelum MotoGP

    PT Angkasa Pura I (Persero) menargetkan perpanjangan dan perkerasan landasan pacu (runway) Bandara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat, rampung sebelum penyelenggaraan balap motor kelas dunia, MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pada Oktober 2021.

    General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok Nugroho Jati mengatakan perpanjangan landasan pacu bandara masih dalam proses konstruksi dan ditargetkan selesai pada Mei 2021.

    Baca berita selengkapnya di sini

    3. Relaksasi Pajak PPnBM Dinilai Tak Signifikan Dongkrak Daya Beli

    Pemerintah akan memberikan insentif PPnBM untuk kendaraan bermotor segmen cc kurang dari 1.500 kategori sedan dan 4x2. Segmen tersebut dipilih karena diminati kelompok masyarakat kelas menengah dan memiliki tingkat pembelian lokal di atas 70 persen.

    Pemberian diskon pajak kendaraan bermotor juga didukung kebijakan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan untuk mendorong kredit pembelian kendaraan bermotor melalui pengaturan mengenai uang muka (DP) nol persen dan penurunan ATMR Kredit (Aktiva Tertimbang Menurut Risiko). Kombinasi kebijakan itu diharapkan mampu mengungkit kembali penjualan kendaraan mobil penumpang yang mulai bangkit sejak Juli 2020.

    Baca berita selengkapnya di sini

    4. Langkah Menteri BUMN Tertibkan Bisnis Bank Negara akan Berdampak Positif

    Anggota Komisi XI DPR Misbakhun mendukung penuh langkah Menteri BUMN Erick Thohir yang ingin menertibkan bisnis bank BUMN agar kembali pada sektornya masing-masing.

    Menurut dia dengan fokus pada sektor masing-masing, maka akan memperkuat kinerja bank BUMN tersebut. Serta menghilangkan persaingan tidak sehat yang terjadi dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

    Baca berita selengkapnya di sini

    5. Luhut: Seluruh Aspek Pariwisata Danau Toba Perlu Dibangun

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan menilai integrasi seluruh aspek pariwisata Danau Toba perlu diperhatikan untuk membentuk simpul ekonomi masyarakat. Salah satunya dengan pembangunan proyek Jalan Tol Tebing Tinggi-Sarbelawan.

    "Kita harap pembangunan tol ini mampu mempercepat akses yang ada, demi memutar perekonomian masyarakat," kata Luhut dalam keterangan tertulis, Minggu, 14 Februari 2021.

    Baca berita selengkapnya di sini

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id