Apindo Dorong Implementasi Prinsip Tempat Kerja Inklusif

    Ilham wibowo - 29 September 2020 14:09 WIB
    Apindo Dorong Implementasi Prinsip Tempat Kerja Inklusif
    Ketua Umum Apindo Haryadi B Sukamdani. Foto : MI.
    Jakarta: Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menerbitkan buku panduan ketenagakerjaan inklusif sebagai pedoman atau kebijakan di lingkungan internal perusahaan. Penerapan prinsip kesetaraan dan non-diskriminasi bisa diterapkan secara benar di tempat kerja.

    "Isu utama dalam penerapan tempat kerja yang inklusif sebetulnya dilandasi oleh ketidaktahuan dunia usaha atau pengusaha tentang bagaimana cara mengimplementasikan prinsip tersebut di perusahaannya," kata Ketua Umum Apindo Haryadi B Sukamdani dalam konferensi pers secara virtual, Selasa, 29 September 2020.

    Menurut Hariyadi, pembangunan tempat kerja yang inklusif paling sedikit mengharuskan pengusaha untuk mencari tenaga kerja penyandang disabilitas yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Lingkungan kerja yang ramah dan aman bagi penyandang disabilitas juga perlu dipersiapkan.

    "Lingkungan aman ini bukan hanya dari aspek infrastruktur, tetapi juga aspek lingkungan sosial di tempat kerja," ujarnya.

    Kehadiran buku panduan yang juga mendapat dukungan Kementerian Ketenagakerjaan, lanjut Hariyadi, merupakan awal untuk terus menggulirkan konsep tempat kerja. Buku pedoman dapat membantu perusahaan, baik perusahaan kecil, menengah dan besar dalam membangun kesetaraan dan inklusivitas di tempat kerja.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id