Dua Bulan Lagi, Holding Baterai Bakal Berdiri

    Suci Sedya Utami - 04 Maret 2021 20:19 WIB
    Dua Bulan Lagi, Holding Baterai Bakal Berdiri
    Ilustrasi pembangunan pabrik baterai di Indonesia - - Foto: dok AFP



    Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan pembentukan holding EV Battery atau PT Industri Baterai Indonesia akan rampung dalam dua bulan ke depan. Adapun deadline atau batas akhir pembentukannya pada Juni tahun ini.

    Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan implementasinya akan lebih cepat dari target jika melihat progres pembentukan holding baterai tersebut.






    "Mungkin enggak akan lama lagi holding EV battery akan jadi sebulan atau dua bulan selesai, mudah-mudahan ya," kata Arya dalam acara prospek pembentukan holding baterai, Jakarta, Kamis, 4 Maret 2021.

    Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Kerja Percepatan Pengembangan EV Battery Agus Tjahjana holding tersebut nantinya akan dimiliki atau dibentuk oleh empat perusahaan pelat merah yakni Mind ID, PT Aneka Tambang (Antam), PT Pertamina, dan PT PLN yang ditugaskan untuk masuk dalam ekosistem pengembangan industri baterai untuk kendaraan listrik (electric vehicle/EV battery).

    Apabila telah berdiri, holding tersebut diharapkan bisa menjadi sebuah perusahaan yang akan mulai melakukan kerja sama dengan berbagai mitra internasional untuk membentuk perusahaan patungan (joint venture/JV).

    "Jadi nanti IBI dengan mitra membuat joint venture. Ada tujuh joint venture," ujar Agus.

    Tim Kerja EV Battery pun telah mendekati 11 perusahaan baterai dunia dalam setengah tahun terakhir. Paling tidak ada dua perusahaan yang serius ingin bekerja sama membangun pabrik baterai yakni LG Energy Solution dan China's Contemporary Amperex Technology (CATL).


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id