PLN Pulihkan 99% Listrik Terdampak Banjir di Jabar

    Suci Sedya Utami - 23 Februari 2021 21:08 WIB
    PLN Pulihkan 99% Listrik Terdampak Banjir di Jabar
    Banjir. Foto : Medcom.
    Bandung: PT PLN (Persero) berupaya untuk memulihkan sistem kelistrikan terdampak banjir di Jawa Barat (Jabar). Hingga Selasa, 23 Februari 2021 pukul 18.00 WIB, PLN telah memulihkan 99 persen gardu distribusi terdampak.

    General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat (UID Jabar), Agung Nugraha, mengatakan sebanyak 2.117 dari 2.147 unit gardu distribusi telah dinyalakan lagi. Sebanyak 516.483 pelanggan yang terdampak banjir telah kembali menikmati aliran setrum. Adapun wilayah di Jabar yang belum menyala meliputi sebagian wilayah Cikarang, Bekasi, dan Karawang.

    "Untuk Bekasi, sempat jebol lagi tanggulnya, sehingga Gardu yang terdampak bertambah,” kata Agung dalam keterangan resmi, Selasa, 23 Februari 2021.

    Agung mengatakan pihaknya masih menyiagakan 72 posko, 3.799 orang personil, 103 genset, 20 UPS, 99 nit gardu bergerak, 12 unit kendaraan deteksi, 700 unit kendaraan operasional dan sembilan perahu karet yang tersebar di wilayah Jawa Barat terdampak banjir.

    Bagi pelanggan yang masih padam, secara bertahap akan dinormalkan dengan melihat kondisi banjir. Jika semua jaringan listrik baik di sisi warga maupun PLN sudah dalam kondisi kering dan siap dialiri listrik maka akan segera dinyalakan.

    PLN terus memantau perkembangan situasi pada lokasi-lokasi yang terdampak maupun berpotensi banjir. PLN juga terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat untuk secara sigap mengambil Langkah yang mengutamakan keselamatan masyarakat.

    Selain terus berupaya memulihkan kelistrikan yang terimbas banjir, pihaknya juga menyalurkan makanan siap santap sebanyak 500 bungkus bagi para korban banjir di Pebayuran, Cikarang dan sebanyak 750 bungkus pada 6 (enam) Wilayah di Karawang.

    “Apabila air mulai masuk ke rumah, warga secara mandiri dapat mematikan listrik dari Mini Circuit Breaker (MCB) pada kWh meter. Selanjutnya masyarakat bisa menghubungi PLN melalui aplikasi PLN Mobile atau Contact Center 123,” jelas Agung.

    Guna mengetahui informasi terkini atau menyampaikan aduan terkait kelistrikan, masyarakat dapat mangaksesnya melalui aplikasi PLN Mobile.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id