Kemenkop UKM Mulai Bangun Rumah Produksi Bersama Tahun Ini

    Suci Sedya Utami - 03 April 2021 18:56 WIB
    Kemenkop UKM Mulai Bangun Rumah Produksi Bersama Tahun Ini
    Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki - - Foto: dok antara



    Bandung: Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mulai membangun rumah produksi bersama (factory sharing) untuk mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan kualitas produksi.

    Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki menjelaskan rumah produksi bersama ini ditujukan bagi UMKM yang membutuhkan peralatan modern tetapi tidak sanggup untuk membelinya. Nantinya UMKM tersebut bisa menggunakan rumah produksi bersama ini.

    "Untuk produk-produk tertentu yang membutuhkan peralatan modern di dalam produksinya, supaya lebih baik kita punya konsep rumah produksi bersama, mudah-mudahan tahun ini kita sudah mulai bangun," kata Teten, Sabtu, 3 April 2021.






    Rumah produksi bersama ini digagas bersama Koperasi Asmindo Nasional (Kopasnas) dan merupakan salah satu solusi untuk mengatasi hambatan produksi. Salah satu bidang usaha yang membutuhkan teknologi tinggi yakni furnitur kayu.  Karena itu, sentuhan teknologi modern diperlukan agar UMKM dapat bersaing.

    “Sekarang yang paling penting produksi yang berkualitas. Kalau tidak ada peralatan modern, produk UMKM sulit bersaing. Maka rumah produksi bersama ini bisa menjadi solusi,” ujar Teten.

    Mantan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) ini menambahkan agar bisa bersaing, UMKM harus memperhatikan mutu produk dan juga suplai bahan baku yang konsisten, serta standarisasi yang paten.

    "Kementerian UKM melalui Smesco Indonesia menyediakan tenaga konsultan yang bisa dihubungi kapanpun oleh UMKM untuk berkonsultasi mengenai kualitas produk," pungkas dia.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id