143 Perusahaan Asing dari Tiongkok Berpeluang Masuk RI

    Eko Nordiansyah - 16 September 2020 12:06 WIB
    143 Perusahaan Asing dari Tiongkok Berpeluang Masuk RI
    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto : Medcom.
    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut ada 143 perusahaan asing yang ada di Tiongkok berpotensi masuk Indonesia. Perusahaan ini berencana merelokasi investasinya setelah Tiongkok menjadi negara pertama yang dihantam pandemi covid-19.

    "Berdasarkan data BKPM, saat ini terdapat 143 perusahaan yang memiliki rencana relokasi investasi ke Indonesia," kata dia dalam webinar di Jakarta, Rabu, 16 September 2020.

    Ia menambahkan perusahaan-perusahaan tersebut berasal tak hanya dari Tiongkok melainkan dari Amerika Serikat, Taiwan, Korea Selatan, Jepang, dan Hong Kong. Airlangga memperkirakan ada potensi penyerapan tenaga kerja lebih dari 300 ribu.

    Menurutnya, rencana relokasi perusahaan ini merupakan sisi positif yang didapat dari pandemi covid-19. Pasalnya dengan kondisi lockdown yang terjadi di Tiongkok awal tahun ini, membuat perusahaan yang terpusat di hanya satu negara akan sangat berisiko ketika terjadi masalah.

    "Banyak perusahaan multinasional yang mulai merelokasikan industrinya dari Tiongkok ke negara Asia lain terutama di kawasan ASEAN. Hal ini dapat menjadi kesempatan bagi Indo untuk menggantikan posisi Tiongkok sebagai tujuan investasi dari hub rantai pasok global baru," ungkap dia.

    Walau begitu, pemerintah menyadari ketidakpastian global yang masih tinggi bisa mempengaruhi iklim investasi. Oleh karena itu, pemerintah menyiapkan sejumlah kebijakan yang diharapkan mampu meningkatkan iklim investasi dan daya saing di Indonesia.

    "Keyakinan bahwa ekonomi Indonesia melalui kebijakan konkrit dan tepat akan dapat mengatasi tantangan yang sedang dihadapi di 2020. Bersama kita harapkan, kedepannya, ekonomi Indonesia semakin kuat dan sukses," pungkasnya.


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id