BPK Minta Lampung Tingkatkan PAD untuk Kemandirian Fiskal

    Antara - 28 April 2021 08:41 WIB
    BPK Minta Lampung Tingkatkan PAD untuk Kemandirian Fiskal
    Gedung BPK: FOTO: MI/MOHAMAD IRFAN



    Bandar Lampung: Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) meminta Pemerintah Provinsi Lampung meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk mewujudkan kemandirian fiskal. Hal itu penting dengan harapan bisa mengurangi ketergantungan daerah terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

    "Pendapatan asli daerah harus ditingkatkan agar kemandirian fiskal dapat lebih baik dan mengurangi ketergantungan daerah terhadap dana transfer dari APBN," ujar Anggota V Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Bahrullah Akbar, dilansir dari Antara, Rabu, 28 April 2021.






    Dia menjelaskan, dengan peningkatan pendapatan asli daerah maka kemandirian fiskal diharapkan dapat menambah jumlah program kemasyarakatan. "Kita meminta agar upaya maksimal dapat dilakukan melalui pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor," ucapnya.

    Menurutnya, pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor menjadi komponen terbesar yang menyumbang pendapatan asli daerah sehingga pengelolaan secara tepat dan transparan perlu dilakukan.

    "Perbaikan kinerja pengelolaan secara keseluruhan harus dilakukan, penentuan sasaran secara tepat untuk meningkatkan kualitas pelayanan juga menjadi atensi, semua itu dilakukan untuk mengoptimalkan sumber pendanaan yang berasal dari PKB dan BBNKB," ucapnya.

    Menurutnya masih ditemukan sejumlah permasalahan yakni belum akuratnya database Bapenda dalam memperhitungkan target pajak kendaraan bermotor, serta perhitungan target yang belum berdasarkan pemutakhiran data sehingga pemaksimalan potensi pendapatan tidak dapat dimanfaatkan secara baik.

    "Kita rekomendasikan agar Lampung menyusun panduan data potensi PKB, lalu melakukan analisa antara cakupan dan capaian kinerja, serta melakukan upaya sosialisasi layanan digital pendukung Samsat daring," pungkasnya.
     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id