comscore

Kemendag Berencana Ekspor Game Online Buatan Anak Bangsa

Annisa ayu artanti - 28 Januari 2021 13:09 WIB
Kemendag Berencana Ekspor <i>Game Online</i> Buatan Anak Bangsa
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga - - Foto: dok Kemendag
Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) membuka peluang ekspor produk digital berupa game online karya anak bangsa ke beberapa negara. Pasalnya, ekspor game online merupakan salah satu terobosan baru selain ekspor migas dan nonmigas.
 
"Kita bisa melihat selain itu ada mungkin produk-produk yang belum begitu banyak dibicarakan tapi mungkin bisa dikembangkan dan direalisasikan kedepannya. Salah satunya adalah produk digital seperti game online," kata Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam BRI Group Economic Forum 2021, Kamis, 28 Januari 2021.
 
Jerry menjelaskan berkaca dengan negara tetangga yang memiliki produk digital dengan atensi luar biasa baik di dalam negeri maupun di luar negeri, pemerintah pun berambisi Indonesia masuk ke pasar game online tersebut.
 
"Seperti Korea Selatan dan Tiongkok dan seterusnya mereka mempunyai sebuah pasar dan potensi yang nilainya itu bisa jutaan dolar. Kenapa saya mengatakan ini bisa jadi terobosan? Karena Indonesia punya itu," ungkapnya.
 
Selain itu, Jerry sempat bertemu dengan para pembuat game online Tanah Air. Mereka memiliki banyak pengikut (follower), komunitas yang cukup besar, serta telah mengadakan kompetisi. Hal itu akan memperkuat peluang Indonesia dalam mengekspor dan memasarkan produk digital secara global.

"Itu (creator game online) 100 persen karya anak bangsa. Itu mereka sudah banyak memiliki follower dan juga banyak mengadakan kompetisi, punya komunitas. Dan itu bisa membuat banyak orang men-download game online tersebut," tambah dia.
Untuk mendukung potensi ekspor game online ke beberapa negara tersebut, Kementerian Perdagangan bersedia memfasilitasi promosi game online melalui Indonesia Promotion Centre.

"Itu kalau kita pahami definisi ekspor bagaimana keluar masuk barang masuk barang dan jasa game online masuk di dalamnya. Dan itu akan memberikan penghasilan dan manfaat yang luar biasa. Kalau misalnya ada 50 juta atau 100 juta orang yang main itu, men-download itu dan bisa menyebarkan komoditas itu ke komunitas lain," pungkasnya.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id