Tahun Ini, Pasokan Listrik Jamali Bakal Bertambah 3.000 MW

    Suci Sedya Utami - 23 Februari 2021 20:29 WIB
    Tahun Ini, Pasokan Listrik Jamali Bakal Bertambah 3.000 MW
    PLN. Foto : MI/Irfan.
    Jakarta:PT PLN (Persero) menyatakan akan ada tambahan kapasitas pembangkit untuk sistem kelistrikan di Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) hingga 3.000 megawatt (MW) pada tahun ini. Penambahan tersebut sejalan dengan beroperasinya pembangkit baru.

    Direktur Bisnis PLN Regional Bagian Jawa Madura dan Bali, Haryanto WS, menjelaskan saat ini kapasitas terpasang pembangkit yang beroperasi di sistem kelistrikan Jamali sebesar 40,1 ribu MW. Dengan adanya tambahan kapasitas baru, maka akan menjadi 43,1 ribu MW.

    "Tahun ini akan ada tambahan kapasitas 2.500- 3.000 MW. Kemampuan supply pembangkit ini sangat cukup. Ini bisa menjadi modal untuk melayani kebutuhan jamali," kata Haryanto dalam sosialisasi kebijakan kelistrikan, Selasa, 23 Februari 2021.

    Ia mengatakan tambahan kapasitas ini akan membuat pasokan listrik di sistem kelistrikan Jamali makin oversupply, mengingat konsumsi listrik yang lebih rendah di tengah pandemi.

    Ditambah lagi di tahun depan, akan ada pembangkit produsen listrik swasta (IPP) yang telah berkontrak dengan PLN bakal mulai beroperasi. Salah satunya Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang yang kapasitasnya mencapai 4.000-5.000 MW.

    "Ini akan cenderung oversupply. Nah, PR (pekerjaan rumah) kita hari ini adalah bagaimana kita bisa memperbaiki demand bahkan untuk meningkatkan demand," ujar Haryanto.

    Lebih lanjut, ia menambahkan konsumsi listrik nasional 70 persen disumbang dari konsumsi listrik di Jamali. Namun, berdasarkan struktur konsumen di Jamali, 61 persennya merupakan konsumen rumah tangga dan bahkan konsumen subsidi.

    "Nah, ini yang juga menjadi masalah. Karena berharap pertumbuhan konsumsi dari pelanggan rumah tangga tidak akan signifikan jika dibandingkan pertumbuhan konsumsi di sektor industri dan bisnis," tandas Haryanto.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id