Startup Lokal Didorong Hadirkan Layanan Teknologi bagi IKM

    Husen Miftahudin - 09 Desember 2020 10:02 WIB
    <i>Startup</i> Lokal Didorong Hadirkan Layanan Teknologi bagi IKM
    Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. FOTO: Kemenperin



    Jakarta: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong ekosistem solusi teknologi yang menjembatani kebutuhan industri dan masyarakat dengan tech provider Indonesia. Melalui program Startup4industry 2020, stimulan tersebut diharap mampu memacu pemanfaatan teknologi industri 4.0.

    "Kompetisi Startup4Industry ini akan menjadi pembuktian para startup terpilih untuk berkarya dan berdampak lebih luas lagi untuk industri utamanya sektor Industri Kecil Menengah (IKM)," ungkap Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, dalam keterangan resminya, Rabu, 9 Desember 2020.

     



    Agus menjelaskan memberikan layanan teknologi yang adaptable bagi pelaku IKM adalah tantangan bagi para startup (perusahaan rintisan) lokal. Namun hal ini harus diwujudkan bersama karena 4,2 juta IKM Indonesia perlu didorong untuk berevolusi menuju industri 4.0.

    "Kami percaya bahwa Making Indonesia 4.0 akan semakin meluas dengan semakin banyaknya startup yang akan menjadi implementator industri 4.0," yakin Agus.

    Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Gati Wibawaningsih mengatakan kompetisi yang diluncurkan pada 14 Oktober 2020 itu diikuti sebanyak 294 peserta yang terbagi menjadi tiga topik, yaitu masa adaptasi kebiasaan baru, efisiensi manufaktur, dan e-commerce enabler.

    "Setelah melewati tiga kali tahap penjurian, dipilih Top 20 Startup4Industry unjuk solusi teknologi melalui acara Expose Day," ucapnya.

    Program Startup4Industry merupakan bagian dari gerakan Making Indonesia 4.0 dengan solusi teknologi dari startup untuk mendorong implementasi teknologi di industri dan masyarakat yang berbasis pemecahan permasalahan yang ada di industri atau masyarakat.

    "Tindak lanjut kompetisi Startup4Industry adalah masa implementasi teknologi di industri kecil dan menengah oleh para pemenang kompetisi. Melalui Startup4Industry, harapannya terbentuk ekosistem solusi teknologi yang akan menjadi salah satu katalisator dalam upaya penanggulangan dampak pandemi covid-19 di industri dan masyarakat," pungkas Gati.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id