Percepat Transformasi Digital, Kominfo Fokus Kembangkan Jaringan 5G

    Achmad Zulfikar Fazli - 07 Juni 2021 20:40 WIB
    Percepat Transformasi Digital, Kominfo Fokus Kembangkan Jaringan 5G
    Menkominfo Johnny G Plate/Istimewa.



    Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate meluncurkan pengembangan jaringan 5G di Surakarta, Balikpapan, dan Medan. Peluncuran ini menyusul Jakarta yang pertama tersentuh layanan jaringan 5G.

    Melalui kanal resmi pemerintah Indonesia.go.id, Johnny menyampaikan Kota Surakarta sengaja dipilih untuk lokasi peluncuran layanan 5G  karena dua faktor, yakni historis dan komersial. Faktor historisnya karena Kota Surakarta alias Solo telah dikenal sejak lama sebagai kota perintis di bidang olah raga, jurnalistik, dan lainnya.

     



    Baca: Menkominfo Siapkan 5 Jurus Dukung Pemulihan Ekonomi pada 2022

    Faktor komersialnya karena perkembangan ekonomi kota Surakarta dan daerah sekitarnya yang kian pesat beberapa tahun terakhir. Johnny mengatakan pemerintah mendukung operator lain mengembangkan teknologi ini agar bisa lebih mudah dijangkau dan efisien untuk infrastruktur maupun operasionalnya. 

    "Untuk itu pemerintah daerah (pemda) harus mendukung langkah ini supaya bisa dilakukan dengan cepat seperti deployment infrastruktur repeater di atas gedung-gedung, bahkan bisa juga di lampu merah," kata Johnny dalam keterangan tertulis, Senin, 7 Juni 2021.

    Johnny juga mengingatkan agar operator dapat mengontrol penggunaan layanan 5G. Tujuannya, tidak disalahgunakan pihak-pihak yang membawa paham radikalisme dan ideologi transnasional. 

    Politikus Partai NasDem itu berharap layanan 5G bisa mendukung sisi hilir dengan pengembangan e-commerce pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal, serta layanan pembiayaan digital (digital financing). 

    Sementara itu, Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulia Syam, mengatakan jaringan 5G memiliki kecepatan 20-30 kali daripada jaringan 4G yang ada. Namun, keberadaan jaringan 5G tidak lantas menghentikan jaringan 4G maupun 3G. 

    Jaringan 4G dan 3G tetap ada sesuai  kebutuhan penggunanya. Jaringan 5G, menurut Hendri, digunakan beberapa negara untuk konektivitas industri sehingga bisa meningkatkan efisiensi dan kinerjanya. 

    "Kami bangun di beberapa lokasi. Solo adalah salah satu dari sembilan kota yang kami bangun," kata dia.
     

    Halaman Selanjutnya
    Ada enam lokasi di Kota…


    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id